Friday 20th of September 2024

Metode Penjernihan Air Dengan Cara Saringan Pasir Cepat, Caranya Bagaimana?

×

Metode Penjernihan Air Dengan Cara Saringan Pasir Cepat, Caranya Bagaimana?

--

Metode Penjernihan Air Dengan Cara Saringan Pasir Cepat

Metode penjernihan air dengan cara saringan pasir cepat adalah salah satu metode penjernihan air yang banyak digunakan masyarakat untuk memperoleh air bersih yang layak pakai. Informasi mengenai cara kerja metode penjernihan air ini dipaparkan dalam buku Menabung Air Hujan untuk Kesehatan Lingkungan yang disusun oleh Lilik Zuhriyah, ‎Rahmah Dara Lufira, ‎Satwika Desantina Muktiningsih (2021:40).

Pada buku tersebut membahas mengenai teknik penyaringan air atau teknologi penyaringan air merupakan suatu metode atau teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh air murni melalui proses penyaringan. Diketahui terdapat beberapa teknik atau metode penyaringan salah satunya metode penjernihan air dengan cara saringan pasir cepat.


Baca juga: Mengenal Estafet Air, Salah Satu Lomba Atur Kekompakan dan Kerja Sama Tim

Baca juga: Contoh Bagan Siklus Air yang Mudah Digambar, Lebih Jelas Untuk Dipahami

Baca juga: Tahapan Siklus Air dari Awal hingga Akhir dan Penjelasan Lengkapnya

Sistem saringan pasir cepat dalam metode penjernihan air ini sama seperti halnya dengan saringan pasir lambat yang terdiri dari pasir pada bagian atas dan kerikil pada bagian bawah. Hal khusus pada metode penjernihan air adalah cara saringan pasir cepat dengan metode penjernihan air dengan cara saringan pasir lambat adalah arah penyaringan air terbalik, yaitu dari bawah ke atas (up flow). Dengan metode penjernihan ini, air bersih didapatkan dengan jalan menyaring air baku melewati lapisan kerikil terlebih dahulu kemudian melewati pasirnya.

Nah, itu dia pembahasan singkat mengenai metode penjernihan air dengan cara saringan pasir cepat. Semoga bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU