Tuesday 24th of September 2024

Mengenal Prisma Segi Enam: Pengertian, Ciri-ciri, Rumus dan Contoh Soal

×

Mengenal Prisma Segi Enam: Pengertian, Ciri-ciri, Rumus dan Contoh Soal

--

Rumus Volume Prisma Segi Enam

Prisma segi enam beraturan adalah suatu jenis bangun ruang prisma yang memiliki tutup dan alas dengan bentuk segi enam yang sama. Bentuk prisma segi enam beraturan berserta rumus untuk menghitung volumenya adalah sebagai berikut:


Dengan V mewakili volume prisma dan t merupakan tinggi prisma, atau secara umum, kita bisa menyatakan bahwa volume prisma adalah hasil perkalian antara luas alas dan tinggi prisma.

Sementara itu, luas permukaan prisma segi enam beraturan dihasilkan dengan menjumlahkan semua sisi dari prisma segi enam beraturan tersebut.

Baca juga: Mengenal Bangun Prisma Trapesium: Pengertian, Rumus Volume, dan Contoh Soal

Baca juga: Contoh Jaring-Jaring Kerucut yang Mudah Dibuat Untuk Tugas Sekolah Materi Bangun Ruang

Baca juga: Link Download Soal Ujian Masuk Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Terbaru, Pelajari di Sini Gratis

Contoh Soal Prisma Segi Enam

Sebuah prisma segi enam memiliki sisi alas sepanjang 6 cm dan tinggi prisma sepanjang 10 cm. Hitunglah volume prisma tersebut!

Jawab:

Luas Alas = 6 x 6 = 36 cm²
Volume = Luas Alas x Tinggi = 36 x 10 = 360 cm³2.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan mengenai prisma segi enam tentang pengertian, rumus, contoh soal serta jaring-jaring yang tentunya mudah untuk dipahami. Sekian informasi dari kami, semoga bisa bermanfaat dan selamat belajar. 

Sumber:

UPDATE TERBARU