Tuesday 24th of September 2024

Mengenal Prisma Segi Enam: Pengertian, Ciri-ciri, Rumus dan Contoh Soal

×

Mengenal Prisma Segi Enam: Pengertian, Ciri-ciri, Rumus dan Contoh Soal

--

ASCOMAXX.com - Prisma segi enam adalah salah satu jenis bangun prisma yang memiliki total 6 sisi. Nah, untuk kalian ingin belajar mengenai prisma segi enam ini, berikut akan kami bagikan pengertian, jaring, rumus, soal serta ciri dari bangun ruang ini.

Bangun ruang sendiri merupakan istilah yang digunakan dalam matematika dan geometri untuk merujuk pada objek tiga dimensi yang memiliki volume atau ruang. Berbeda dengan bangun datar yang hanya memiliki dua dimensi (panjang dan lebar).


Setiap bangun ruang memiliki sifat-sifat dan karakteristik tertentu yang dapat digunakan untuk mengidentifikasinya, seperti jumlah sisi, jenis sisi, jumlah rusuk, jenis rusuk, dan sebagainya. Selain itu, untuk menghitung volume bangun ruang, memiliki rumus yang berbeda.

Baca juga: Contoh Soal dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Semester 1 Tahun 2023/2024 Berikut Pembahasannya Materi Bangun Ruang

Baca juga: Jenis-jenis Bangun Ruang: Ciri-ciri, Rumus dan Gambarnya yang Mudah Dipahami

Baca juga: Mengenal Bangun Prisma Trapesium: Pengertian, Rumus Volume, dan Contoh Soal

Pengertian Prisma Segi Enam

Prisma segi enam berasal dari bentuk bangun datar segi enam yang memiliki enam sisi dan enam sudut. Prisma itu sendiri merupakan jenis bangun ruang yang memiliki sepasang sisi yang sama panjang dan sejajar.

Sisi-sisinya dinyatakan sebagai kongruen karena sisinya yang lain membentuk sisi-sisi tegak yang berbentuk persegi panjang. Tambahan pula, prisma juga menunjukkan rusuk-rusuk yang sejajar dan tegak, serta memiliki bidang persegi panjang yang menghubungkan antara bagian atas dan bagian alasnya.

Prisma menunjukkan berbagai sifat, termasuk memiliki sisi-sisi samping yang berbentuk persegi panjang dan rusuk yang tegak. Oh iya, prisma juga memiliki diagonal bidang yang sama panjang pada setiap sisinya, serta dimensinya yang serupa.

Ciri-ciri Prisma Segi Enam

Dibawah ini adalah tanda-tanda yang menandai prisma segi enam:

  1. Mempunyai 12 titik sudut.

  2. Terdiri dari total 18 rusuk, dimana 6 rusuk di antaranya adalah rusuk tegak.

  3. Memiliki 8 bidang, di mana 6 bidangnya terletak di sisi dan berbentuk persegi panjang.

  4. Terdiri dari 2 bidang yang terletak pada bagian alas, serta bagian puncaknya memiliki bentuk serupa dengan alas, yakni segi enam.

Sumber:

UPDATE TERBARU