Tuesday 24th of September 2024

Ragam Manfaat Bunga Tai Ayam atau Marigold Bisa Meringankan Sakit Tenggorokan dan Nyeri Menstruasi

×

Ragam Manfaat Bunga Tai Ayam atau Marigold Bisa Meringankan Sakit Tenggorokan dan Nyeri Menstruasi

--

Bunga adalah salah satu bagian tanaman tahi ayam yang umumnya digunakan sebagai pengobata herbal. Tak hanya menjadi tanaman hias dan obat, bunga ini juga bermanfaat di bidang pertanian, yakni sebagai insektisida alami, yaitu menangkal serangga (semut, nyamuk, kutu daun), anti jamur, dan mencegah cacing pengganggu tanaman.

Ragam Manfaat Bunga Tai Ayam atau Marigold

1. Antibakteri

Bunga ini mampu mencegah pertumbuhan bakteri melalui penghambatan, misalnya bakteri Klebsiella pneumoniae yang secara normal ngga berbahaya di saluran pencernaan. 

2. Kaya antioksidan


Bunga ini memiliki kandungan antioksidan tinggi berupa lutein. Zat ini berfungsi untuk menjaga kesehatan, menangkal paparan radikal bebas dalam jumlah berlebih yang bisa memicu kerusakan sel dan menimbulkan berbagai penyakit. Ekstrak bunga tahi ayam melindungi kulit dari nyamuk Aedes Aegypti yang digunakan dalam sediaan lotion.

3. Menyembuhkan luka

Flavonoid di dalamnya berfungsi mempercepat proses penyembuhan luka iris maupun luka bakar ringan. Kandungan terpenoid dan steroid bisa menurunkan kadar enzim hati dan bilirubin saat terjadinya kerusakan jaringan hati.

4. Bisa Jadi Pewarna alami

Senyawa L-karoten yang memberikan warna kuning pada bunga bisa dijadikan sebagai pewarna alami, baik untuk makanan maupun kosmetik. 

5. Anti Inflamasi

Bunga tahi ayam juga dimanfaatkan sebagai obat karena kemampuan antiinflamasi dan antibakterinya untuk mengobati peradangan dan infeksi. Peningkatan imunitas tubuh, mengatasi demam, sakit tenggorokan hingga mengatasi masalah menstruasi adalah manfaat lain yang bisa ditemukan dalam bunga tahi ayam.

Baca juga: 3 Cara Mencegah Bercak Putih di LCD HP Android dan iOS, Layar Dijamin Makin Awet

Baca juga: 3 Link Download Contoh Surat Pernyataan Ahli Waris yang Baik dan Benar dengan Format PDF/Word

Baca juga: Lirik Sholawat Alamate Anak Sholeh Ning Umi Laila, Viral Banyak Dilantunkan Para Jemaah dan Pecinta Sholawat

Manfaat Lain Bunga Tahi Ayam 

  • Meningkatkan imunitas tubuh,
  • Mengobati masalah pencernaan,
  • Menjaga kesehatan mata,
  • Mengatasi demam,
  • Mengobati sakit tenggorokan,
  • Menjaga kelembaban dan kesehatan kulit,
  • Mengatasi masalah menstruasi,
  • Menangkal racun dan bakteri.

Demikian informasi mengenai manfaat bunga tai ayam atau marigold. Semoga informasi di atas bermanfaat dan ikuti terus perkembangan beritanya melalui situs ini. 

Sumber:

UPDATE TERBARU