Friday 28th of June 2024

Contoh ERD Rental Mobil Beserta Relasinya Untuk Membuat Web SI yang Lengkap

×

Contoh ERD Rental Mobil Beserta Relasinya Untuk Membuat Web SI yang Lengkap

--

Sebagai bentuk pemodelan basis data, ERD menghubungkan satu tabel database dengan tabel lainnya. Dalam prakteknya pemodelan basis data ini sama halnya dengan flowchart yang menghubungkan bagian satu dengan bagian lainnya.

Salah satu hal yang menguntungkan dengan adanya penyebaran informasi yang cepat ini adalah kamu bisa dengan mudah mengakses informasi yang kamu butuhkan dengan cepat termasuk tentang erd sewa mobil ini.

ERD Rental Mobil


Secara garis besar analisa dari pembuatan erd hampir sama, yang membedakan adalah studi kasus pada sistem informasi yang diinginkan pada bisnis rental mobil itu sendiri.

Fitur Aplikasi Rental Mobil

Fitur-fitur yang biasanya terdapat pada sistem informasi rental mobil.

Sisi User:

  1. menentukan tujuan Dari/Ke,
  2. Menampilkan List Mobil yg ready (Beserta Merk, BBm, harga sewa)
  3. Kolom Nego (Admin yg mengatur)
  4. Tombol Daftar (Akan Dijelaskan lebih Lanjut)

Sisi Admin:

  1. Bisa Input > merk, mobil, bahan bakar, harga sewa (harian/minggu/bulan)
  2. Melihat/mengatur/ Pesanan, harga, ketersedian unit, Dll.

Note: Memakai PG Xendit/Midtrans

Maka diperlukan tiga table. Yaitu untuk sisi User (pengguna), Mobil dan Order. 

Table User

Tabel user ini berisi data data yang perlu dimasukkan dari sisi User, mulai dari email, username, password, alamat dan nomer hape. Selebihnya ketika User ingin membuat Order, semua itu akan dimasukkan kedalam Table Order

Table Order

Table ini akan berisi data data pesanan/transaksi yang dilakukan oleh User namun tetap akan bisa dibaca juga oleh sisi Admin. Order ini akan berisi titik keberangkatan, titik tujuan, lokasi keberangkatan, lokasi tujuan, mobil yang dipesan, id pengguna, dan id admin

Table Car

Table ini akan berisi data data mobil mulai dari harga, nama, tipe, dan bensin yang diperlukan.

Relasi Database

Khusus untuk table Order membutuhkan foreign key. Foreign Key inilah yang menjadi representasi atau id yang mewakili id data tertentu sehingga kita bisa tahu manakah (katakan) data yang ingin dibutuhkan.

Untuk memudahkan pemahaman di atas kalian harus mengetahui Foreing Key, istilah ini sudah sering ditemui oleh mahasiswa Teknik komputer atau teknik informatika.

Baca juga: Contoh ERD Beserta Penjelasan Notasi dan Simbol Lengkapnya dengan Gambar, Cari Tahu Disini!

Baca juga: Manfaat Membuat Jurnal Umum, Untuk Membuat Catatan Sistematis Keuangan dalam Perusahaan

Baca juga: Referensi Judul Skripsi Sistem Informasi Berbasis WEB Sederhana, Bisa Jadi Ide Untuk Kamu!

Diagram Aplikasi Rental Mobil

Kurang lebih dari table table yang di butuhkan diatas akan digambarkan seperti dibawah ini

Ingat, carId, userId, adminId pastikan memiliki relasi One To Many. Artinya ia adalah table  yang bisa terhubung dengan banyak data, namun tidak sebaliknya

Contohnya adalah ketika User memiliki Order, hal ini memungkinkan user memiliki lebih dari satu. Namun tidak untuk sebaliknya, orderan tidak bisa dimiliki lebih dari satu orang. 

Sama halnya, dalam situasi di mana Orderan memiliki informasi mengenai mobil, bisa terjadi bahwa satu Orderan memiliki beberapa mobil (meskipun pada kasus ini tidak terjadi). Namun, sebaliknya tidak memungkinkan, yaitu satu mobil tidak dapat dipesan oleh lebih dari satu pesanana atau transaksi.

Apa itu One To Many dan One To One

One To Many, ketika satu tabel bisa terhubung dengan lebih dari satu tabel. Namun tidak sebaliknya 

One To One, ketika satu tabel hanya bisa terhubung pada satu tabel saja. Ini merupakan anti-tesis atau kebalikan dari relasi One To Many

3 Contoh ERD SI Rental Mobil

  1. ERD sewa mobil perusahaan

Keterangan: Dapat dilakukan pengelolaan penyewaan mobil dalam perusahaan. Data yang dikelola mencakup informasi pelanggan, garasi, pengelolaan peminjaman, lokasi serta area peminjaman mobil, dan juga data lokasi penyimpanan mobil.

  1. ERD sewa mobil rumahan

Keterangan: Pada diagram ERD di atas, terlihat lebih sederhana. Hanya terfokus pada informasi mengenai pelanggan, mobil, dan penyewaan. Namun, perbedaannya terletak pada inklusi pengelolaan data registrasi dalam diagram ERD tersebut. Kemungkinan tujuannya adalah untuk mencatat informasi pelanggan atau konsumen, sehingga memungkinkan pelaksanaan manajemen pelanggan.

Sumber:

UPDATE TERBARU