Friday 20th of September 2024

Profil Pendiri PSHT, Ki Hadjar Hardjo Oetomo Dengan Jejak Perjalanannya

×

Profil Pendiri PSHT, Ki Hadjar Hardjo Oetomo Dengan Jejak Perjalanannya

--

Sejarah Pendiri PSHT

Ki Hadjar Hardjo Oetomo merupakan sosok yang mendirikan perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). Pria yang kerap disapa Hardjo Oetomo ini lahir di Madiun, Jawa Timur pada 1883.

Dahulunya, Ki Hadjar Hardjo Oetomo dikenal juga sebagai pendekar sehingga dia mempunyai keinginan luhur untuk mengenalkan ilmunya kepada orang lain. Hal ini dengan tujuan untuk kebaikan dan keselamatan sesama.


Pada 1917, pendiri PSHT ini menambah ilmunya dan berguru kepada Ki Ngabehi Soerodiwiryo. Di masa-masa itu, Setia Hati (SH) mulai disebut-sebut untuk mengganti nama dari sebuah perkumpulan silat yang semula bernama “Djojo Gendilo Cipto Mulyo”.

Pada masa penjajahan, SH PSC  Setia Hati Pemuda Sport Club (SH PSC) dibubarkan Belanda. Namun, Ki Hadjar Hardjo Oetomo secara diam-diam mendirikan SH Pemuda Sport Club dan menghilangkan kata pencak. Hal ini merupakan siasat untuk mengelabui penjajah.

Baca juga: Rekomendasi Kata-Kata di Kaca Truk Terbaru, Lucu, dan Bijak, Kamu Pilih Mana?

Baca juga: Kumpulan Judul Skripsi Jurusan Kebidanan yang Mudah, Sederhana dan Bisa Jadi Referensi!

Baca juga: Samsung Service Center Kota Medan : Alamat, Jam Buka, Jenis Layanan Hingga Pusat Panggilan

Ternyata, ide Ki Hadjar Hardjo Oetomo ini membuahkan hasil. Kegiatan SH Pemuda Sport Club berjalan dengan lancar, tanpa ada yang curiga. Bahkan, dari sini, dia berhasil melahirkan murid-murid hebatnya, seperti Idris dari Dandang Jati Loceret Nganjuk, lalu Mujini, Jayapana dan masih banyak lagi yang tersebar sampai Kertosono, Jombang, Ngantang, Lamongan, Solo dan Yogyakarta.


||

Itulah informasi mengenai profil pendiri PSHT yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat!

 

Sumber:

UPDATE TERBARU