Saturday 5th of October 2024

Belajar Penelitian Sosiologi: Pengertian, Ciri-ciri dan Jenisnya!

×

Belajar Penelitian Sosiologi: Pengertian, Ciri-ciri dan Jenisnya!

--

ASCOMAXX.com - Penelitian sosiologi ini hampir sama dengan penelitian sosial. Nah, untuk mudahnya kalian bisa belajar mengenai penelitian sosiologi dibawah ini yang akan kami bagikan mengenai pengertian,ciri dan juga jenis-jenisnya. Simak selengkapnya dbawah.

Penelitian adalah proses sistematis yang dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang suatu topik atau masalah tertentu. Dalam penelitian, metode ilmiah digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data guna menghasilkan informasi yang sahih dan relevan.


Tujuan utama dari penelitian adalah untuk mengembangkan pengetahuan, memecahkan masalah, atau menguji hipotesis dengan pendekatan yang terstruktur dan obyektif.

Penelitian melibatkan langkah-langkah seperti merumuskan pertanyaan penelitian, merancang metode penelitian, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini dapat berkontribusi terhadap perkembangan dalam berbagai bidang.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Set Top Box (STB) Tanaka, FULL HD 1080P Hingga Miliki Early Warning System

Baca juga: Kumpulan Judul Skripsi Tentang Manajemen Pemasaran 3 Variabel, Bisa Dikembangkan dalam Penelitian Baru!

Baca juga: Daftar Judul Skripsi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Malang Tahun 2022/2023

Pengertian Penelitian Sosiologi

1. Soerjono Soekanto, penelitian sosial adalah proses ilmiah yang bertujuan mengungkap kebenaran melalui analisis metodologis, sistematis, dan konsisten.

2. Sutrisno Hadi berpendapat bahwa penelitian sosial adalah serangkaian usaha untuk menggali, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu hal yang diragukan melalui pengumpulan informasi.

3. Pauline V. Young mengartikan penelitian sosial sebagai usaha ilmiah yang menggunakan metode logis untuk mengungkap fakta melalui analisis ilmiah.

Sumber:

UPDATE TERBARU