Thursday 24th of October 2024
×

Cara Mengqodho Sholat Fardhu yang Terlewat Sesuai Syariat yang Benar

Cara Mengqodho Sholat Fardhu yang Terlewat Sesuai Syariat yang Benar

--

ASCOMAXX.com - Jika kalian tidak sengaja meninggalkan sholat fardhu, tentu wajib hukumnya mengganti sholat tersebut. Nah, mengenai bagaimana cara mengqhodo sholat fardhu yang terlewat, kalian bisa menyimak informasi lengkap dibawah ini.

Dalam Islam, sholat (salat) adalah salah satu dari lima rukun Islam dan merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim yang telah mencapai usia baligh (dewasa) dan memiliki akal sehat. Sholat adalah suatu bentuk komunikasi langsung antara individu muslim dengan Allah SWT.


Ibadah ini memiliki peran penting dalam kehidupan seorang muslim, dan pelaksanaannya diatur oleh aturan dan tata cara yang telah ditetapkan dalam ajaran agama Islam. Sholat wajib terdiri dari lima waktu, yaitu Sholat Subuh yang Dilakukan sebelum matahari terbit. 

Baca juga: Daftar Kegiatan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Sehari-hari, Mulai Sholat Tahajjud hingga Barzanji

Baca juga: Doa Dan Dzikir Setelah Sholat Dhuha, Mempermudah Segala Urusan dan Dilancarkan Rezeki Oleh Allah Swt

Baca juga: Bacaan Doa Setelah Sholat 5 Waktu Arab, Latin, dan Artinya Paling Lengkap

Sholat Dzuhur, Dilakukan setelah matahari condong ke arah barat dan sebelum waktu asar. Sholat Asar, dilakukan pada saat matahari masih ada, namun tidak terlalu tinggi di langit. Sholat Maghrib, dilakukan setelah matahari terbenam dan Sholat Isya, dilakukan setelah cahaya senja benar-benar hilang.

Mengqodho Sholat

Mengqodho sholat merupakan upaya untuk memperbaiki kewajiban yang telah terlewatkan dengan cara menggantinya pada waktu-waktu yang masih memungkinkan. Mengqodho sholat terutama berkaitan dengan situasi-situasi tertentu di mana seseorang tidak dapat melaksanakan sholat pada waktunya.

Hal ini bisa dikarenakan tertidur, lupa, atau alasan yang tidak dapat dihindari. Setelah menyadari bahwa sholat telah terlewat, seorang muslim dianjurkan untuk segera melaksanakan sholat qodho sesegera mungkin. 

Namun, penting untuk diingat bahwa mengqodho sholat bukanlah alasan untuk terus-menerus mengabaikan pelaksanaan sholat pada waktunya. Usaha sebaik-baiknya harus dilakukan untuk melaksanakan sholat wajib tepat pada waktunya, dan jika terlewat, qodho sholat harus segera dijalankan.

Cara Qodho Sholat Fardhu

Dikutip dari sumber aboutislam.net, Abdullah bin Abdulrahman bin Jibrin, seorang anggota Komite Tetap untuk Penelitian Islam dan Penerbitan Fatwa dari Arab Saudi, menjelaskan fatwa berikut:

Sumber:

UPDATE TERBARU