Thursday 24th of October 2024
×

Cara Mengqodho Sholat Fardhu yang Terlewat Sesuai Syariat yang Benar

Cara Mengqodho Sholat Fardhu yang Terlewat Sesuai Syariat yang Benar

--

1. Apabila seseorang melewatkan shalat tertentu, maka ia diwajibkan untuk melaksanakannya meskipun waktu shalat tersebut telah berakhir. Tindakan ini tidak dapat ditangguhkan hingga waktu shalat yang serupa kembali.

2. Orang tersebut diizinkan untuk berdoa kapan pun timbul dalam pikirannya, bahkan jika situasinya berada di dalam salah satu waktu yang dilarang untuk berdoa, atau bahkan saat terjadi tumpang tindih dengan waktu shalat yang lain.


3. Jika seseorang merasa cemas akan kehilangan waktu untuk shalat yang sedang berlangsung, maka yang perlu dilakukan adalah menunaikan shalat yang sedang berlangsung terlebih dahulu, baru kemudian melaksanakan shalat yang sebelumnya tertinggal.

Baca juga: Simak Keutamaan Membaca Dikir Setelah Sholat Fardhu, Sebagai Pembuka Pintu Doa dan Jalan Menuju Syurga

Baca juga: Hukum Mengqadha Sholat Subuh Menurut Pandangan Para Ulama, Ada Dua Kategori yang Berbeda

Baca juga: Doa Dan Dzikir Setelah Sholat Dhuha, Mempermudah Segala Urusan dan Dilancarkan Rezeki Oleh Allah Swt

- Waktu Pelaksanaan Sholat Qodho

Pandangan yang disepakati oleh ulama dan tokoh agama adalah bahwa shalat yang terlewat perlu dikerjakan sebagai qadha (penggantian) sebagai bentuk memperbaiki dosa. Meskipun begitu, pendekatan mengenai kapan tepatnya melakukannya dapat bervariasi, dengan beberapa pandangan yang mengusulkan segera atau menentukan periode yang lebih longgar.

Prinsip menqodho sholat dengan segera lebih konsisten dijelaskan oleh Mazhab Al-Malikiyah dan Al-Hanabilah. Argumentasi mereka berlandaskan pada ajaran Nabi Muhammad saw. yang mendorong pelaksanaan shalat dengan segera.

- Cara Pelaksanaan Sholat Qodho

Proses mengqodho sholat pada dasarnya tidak rumit. Menurut ajaran Nabi, tidak ada keharusan untuk mengucapkan niat tertentu sebelum melaksanakan shalat pengganti.

Sebagai contoh, jika seseorang Muslim secara tidak sengaja lupa melaksanakan shalat, dia perlu segera berwudhu. Kemudian, dia diwajibkan melaksanakan shalat dengan langkah-langkah yang identik dengan shalat yang telah terlewatkan.

Jika, dalam keadaan tak disengaja, lebih dari satu shalat terlupakan, maka setelah salam akhir, seseorang harus berdiri kembali untuk menjalankan shalat pengganti berikutnya.

Demikianlah informasi yang kami bagikan mengenai cara melaksanakan sholat qodho fardhu yang tidak sengaja tertinggalkan. Semoga informasi yang kami bagikan bisa bermanfaat dan semoga amal ibadah kita bisa diterima Alloh SWT. 

Sumber:

UPDATE TERBARU