Thursday 24th of October 2024
×

Komponen & Cara Modif Power 400 Watt Untuk TOA Agar Suara Lebih Lantang

Komponen & Cara Modif Power 400 Watt Untuk TOA Agar Suara Lebih Lantang

--

Baca juga: Daftar 6 Tempat Sewa Stroller Kediri yang Murah dan Lengkap, Langganan Buat Cari Peralatan Bayi

Baca juga: Daftar Alat Mitra Higgs Domino Island Resmi, Begini Cara Mudah Jadi Agennya!


Baca juga: 20 Contoh Alat-Alat Laboratorium Lengkap Dengan Fungsi dan Cara Menggunakannya: Catat!

Cara Modif Power 400 Watt Untuk TOA

Untuk tutorial modifnya, kamu bisa menggunakan cara berikut ini:

  1. Untuk speaker di bagian luar ruangan, agar suara TOA dapat menjangkau dua arah dan dua frekuensi yang berbeda, maka dibutuhkan dua buah amplifier pada proses modif power 400 watt untuk TOA
  2. Sedangkan untuk speaker di dalam ruangan, digunakan 2 pasang transistor merk Toshiba
  3. Driver power untuk speaker TOA bagian atas digunakan driver merek Sanken 400 watt. Lalu pasanglah 4 buah set transistor jengkol seri MJE 3055 pada bagian transistor untuk meringankan beban. Jika ingin cara perakitan yang lebih simple maka bisa mengganti transistor jengkol dengan jenis lainnya.
  4. Cara modif power OCL untuk speaker TOA berikutnya adalah lakukan pengaturan frekuensi pre ampli dar premic.
  5. Untuk penguat frekuensi tengah , gunakanlah tone control dengan middle agar suara yang dihasilkan lebih kuat di bagian midle dan dapat mengurangi nada bagian bass.
  6. Pasang Echo dengan 4 input.
  7. Gunakan kontrol volume tersendiri tanpa melalui pm mic pada bagian aux agar suara musik yang dihasilkan nantinya tidak pecah.
  8. Atur bagian aux agar langsung menuju tone control. Caranya adalah dengan melakukan pembatasan setiap input yang ke tone control dengan resistor 10K ohm. Hal ini bertujuan agar ketika speaker dinyalakan secara bersamaan tidak akan ada sinyal yang terpengaruh oleh setiap kontrol yang ada.
  9. Agar dapat digunakan pada dua sesi, maka pada cara modif power OCL untuk speaker TOA, gunakan balance untuk mengatur volume pada speaker atas dan bawah.
  10. Gunakan tone control sendiri pada setiap monitor dan speaker TOA bagian atas, sehingga speaker bagian bawah akan mampu untuk menghasilkan suara yang lebih jernih karena tak timbul pengaruh dari tone untuk speaker bagian atas.
  11. Dengan kata lain, aplikasikanlah 2 ways crossover active, lalu pada monitor bawah gunakan tone control bass trible agar jernih dan tak ada feedback.
  12. Gunakan trafo dengan merek ERA kapasitas 5 A 32 Volt dan 2 buah Elko 10.000 80 Volt.
  13. Untuk menghindari terjadinya lonjakan out speaker pada saat pertama kali dinyalakan maka gunakanlah speaker protector. Selain untuk menghindari lonjakan, juga agar speaker TOA bisa lebih awet.
  14. Jika tak memiliki speaker protector, gunakan saja penambahan caasitor starter pada bagian inputnya sebesar 220 Volt.

Nah, demikianlah informasi mengenai cara modif power 400 watt untuk TOA yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan selamat mencoba!

Sumber:

UPDATE TERBARU