Friday 20th of September 2024

Cara Membuat Limas Segitiga Dari Karton, DIY Gampang Cuma Perlu 3 Bahan

×

Cara Membuat Limas Segitiga Dari Karton, DIY Gampang Cuma Perlu 3 Bahan

--

DIY atau Do It Yourself sendiri adalah suatu kegiatan untuk membuat produk sendiri dan menghindari produk kemasan sekali pakai. Sangat banyak produk DIY yang bisa kamu hasilkan di rumah, misalnya DIY deterjen, pasta gigi, sabun mandi, masker wajah, shampoo, dan masih banyak yang lain.

Karton atau kardus adalah bahan yang terbuat dari pulp atau serat kayu yang sama dengan bahan pembuatan kertas. Berbeda dengan kertas lainnya, kardus terbuat dari kertas dengan berat lebih dari 200 g/m2 dikategorikan sebagai karton.


Karton sendiri bisa dikreasikan menjadi berbagai macam kerajinan yang bermanfaat dan juga memiliki fungsi estetis. Jikalau kamu berniat membuat limas segitiga dari karton berikut ini insponya.

Baca juga: Jenis-jenis Bangun Ruang: Ciri-ciri, Rumus dan Gambarnya yang Mudah Dipahami

Baca juga: Contoh Jaring-Jaring Kerucut yang Mudah Dibuat Untuk Tugas Sekolah Materi Bangun Ruang

Baca juga: Budget Bangun Rumah Ukuran 5×6 Dua Lantai, Hanya dengan 70 Juta Sudah Siapkan Rumah Impianmu!

Jaring-jaring Limas Segitiga

Bila bangun limas segitiga T.ABC yang ada pada gambar (a) diatas, kamu iris sepanjang rusuk TB, TA, dan juga TC, selanjutnya kamu buka dan bentangkan, akan membentuk jaring-jaring limas yang ada pada gambar (b).

Contoh Jaring-jaring Limas Lainnya


Pada gambar pertama adalah bangun ruang limas segi enam dan dibuka menjadi terlihat jarring jarring limas segi enam. Jarring jaringnya terlihat pada gambar yang kedua.

Jaring Jaring Limas Segitiga Sama Sisi, Sama Kaki Dan Sembarang

Untuk memperoleh jaring-jaring limas segitiga juga bisa diperoleh dengan mengiris beberapa rusuk dari bangun ruang limas tersebut kemudian merebahkannya. 

Baca juga: Doa Peletakan Batu Pertama Membangun Rumah, Jadi Rumah yang Mendatangkan Rezeki dan Diberkahi Allah Swt

Baca juga: Download Template Denah Kursi Bus 60 Seat Format Excel Gratis dan Bisa Langsung Diedit Sendiri

Baca juga: Surat Tanda Tamat Belajar Adalah? Berikut Penjelasan Lengkap Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan

Cara Membuat Jaring-jaring Prisma dan Limas

Proses pembentukan pada jarring jarring diatas juga sama dengan bangun ruang lainnya yakni dengan mengiris sejumlah rusuk rusuknya dan merebahkan bangun tersebut. Dengan begitu, maka akan didapatkan jarring jarring dari bangun ruang tersebut.

Nah, demikianlah informasi mengenai cara membuat limas segitiga dari karton yang dapat kami sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan selamat belajar, ya!

Sumber:

UPDATE TERBARU