Sunday 7th of July 2024

Teknik Melukis dengan Cat Air yang Perlu Diketahui Untuk Pemula, Tidak Perlu Takut Warna Meleber!

×

Teknik Melukis dengan Cat Air yang Perlu Diketahui Untuk Pemula, Tidak Perlu Takut Warna Meleber!

--

Permukaan kertas diberi warna dengan gerakan horizontal yang tumpang tindih, bergerak dari atas ke bawah. Setelah seluruh area tertutup warna, biarkan kertas mengering. Hindari menerapkan warna lain pada tahap awal ini untuk menghindari hasil yang tidak teratur.

2. Lapisan Tipis Transparan (Glazing)


Mirip dengan teknik washes, dalam glazing warna diaplikasikan tipis dan transparan di atas permukaan yang telah mengering. Tujuannya adalah untuk memperbaiki atau memperkaya warna setelah tahap washes. Pastikan setiap warna sebelumnya sudah benar-benar kering sebelum menambahkan warna baru.

3. Basah di Atas Basah (Wet in Wet)

Teknik basah di atas basah melibatkan mewarnai area kertas yang masih basah dengan cat air. Efeknya bisa bervariasi, mulai dari bentuk yang lembut hingga efek yang lebih samar, tergantung seberapa basah permukaan kertas.

Baca juga: 10 Contoh Lukisan Dinding Kelas SD yang Kreatif dan Keren, Jadi Lebih Semangat Belajar di Kelas

Baca juga: Baca Manhwa I Ran Away From The Hunter Chapter 28 Bahasa Indonesia Lukisan Ravi Jadi Viral, Regan Malah Tak Peduli

Baca juga: Kumpulan Lukisan Crayon Simpel Mudah Ditirukan, Sederhana Namun Terlihat Menarik

Teknik ini dapat diterapkan setelah tahap washes, ketika permukaan kertas mulai mengering. Cukup basahi kertas dengan kuas lebar dan lalu warnai dalam kondisi lembab.

4. Kuas Kering (Dry Brush)

Dalam teknik ini, kuas yang telah dicelupkan dalam cat air secukupnya digunakan pada permukaan kertas yang sudah kering. Hasilnya akan menghasilkan efek yang tajam, kering, dan realistis.

5. Mengangkat Warna (Lifting Off)

Teknik Lifting Off melibatkan mengangkat atau menghapus warna cat air yang sudah diaplikasikan setelah kertas mengering. Sebaiknya hindari warna seperti biru tua, merah hati, atau hitam, karena cenderung sulit diangkat. Lebih baik menghindari penggunaan warna-warna tersebut dalam teknik ini.

6. Penambahan Warna di Area Basah (Dropping in Color)

Teknik Dropping in Color melibatkan menerapkan warna pada area lukisan yang masih basah, memungkinkan pencampuran warna dan tekstur cat air.

Meskipun hasilnya kadang tak terduga, teknik ini bisa memberikan gradasi dan variasi warna yang umumnya diperoleh dari pencampuran warna di palet lukis.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan mengenai bagaimana teknik melukis dengan cat air yang peenting untuk diperhatikan terutama pada pemula. Sekian informasi dari kami, semoga bisa bermanfaat dan selamat berkreasi dengan cat air. 

Sumber:

UPDATE TERBARU