Friday 20th of September 2024

Mengapa Hasil Panen Harus di Olah dan Dikelola? Ternyata Ini Alasannya Menurut Para Ahli

×

Mengapa Hasil Panen Harus di Olah dan Dikelola? Ternyata Ini Alasannya Menurut Para Ahli

--

Selain itu, menentukan waktu panen dapat dilakukan dengan mengukur kandungan zat atau senyawa yang ada di dalam komoditas tanaman. Misalnya, kadar gula, tepung, asam, dan aromanya.

Mengapa Hasil Panen Harus di Olah dan Dikelola?

1. Bahan Makanan Lebih Menyehatkan
Tidak hanya mencegah bakteri berkembang, teknologi pangan juga sangat penting perannya karena bisa mematikan bakteri. Hal ini membantu supaya bahan pangan lebih menyehatkan.


Salah satu contoh penggunaan teknologi pangan untuk menyehatkan bahan pangan, yaitu pasteurisasi. Proses ini sangat penting agar susu lebih steril. Sehingga, susu dapat diminum lebih aman.

Baca juga: Cara Memakai Lulur Bedda Lotong Supaya Hasil Maksimal, Bikin Kulit Putih dengan Pemakaian Rutin!

Baca juga: Resep Cara Membuat Jenang Sengkolo 7 Rupa yang Gampang dan Pasti Enak, Pemula yang Baru Belajar Masak Tak Perlu Resah

Baca juga: Tutorial Membaca Not Suling Sunda Dengan Benar Tanpa Perlu Menghapal, Begini Caranya

2. Bahan Makanan Jadi Lebih Awet dan Tidak Gampang Busuk

Pentingnya penggunaan teknologi pangan dalam hasil panen adalah menjadikan bahan makanan lebih awet serta tidak gampang busuk. Misalnya, adanya teknologi pengawetan makanan membantu supaya tidak ada bakteri berkembang.

3. Mencegah Dibuangnya Sisa Bahan Pangan

Hasil panen dan hasil teknologi pangan berguna karena manusia tidak perlu lagi harus mengurangi sisa bahan pangan yang sudah busuk dan harus dibuang. Bahan pangan yang busuk karena tidak adanya pengolahan modern, padahal stok melimpah, tapi tidak bisa dikonsumsi atau dijual secara cepat.

Itulah tadi mengenai Mengapa Hasil Panen Harus di Olah dan Dikelola? Ternyata Ini Alasannya Menurut Para Ahli yang bisa kami sampaikan kali ini. Semoga bernanfaat ya.

Sumber:

UPDATE TERBARU