Wednesday 18th of September 2024

Lama Kenaikan Sabuk PSHT Dari Awal Berapa Bulan? Yang Mau Join Wajib Simak Informasi Ini

×

Lama Kenaikan Sabuk PSHT Dari Awal Berapa Bulan? Yang Mau Join Wajib Simak Informasi Ini

--

Selain itu, sabuk Psht di kiri juga dianggap sebagai lambang dari kesetiaan dan pengabdian. Sabuk Psht di kiri juga dianggap sebagai simbol dari kemampuan untuk menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang berkaitan dengan tugas mereka sebagai seorang kesatria.

Filosofi Sabuk Mori PSHT

Penjelasan tentang mori yang dijadikan sabuk bagi Warga PSHT:

  1. Tanda bahwa siswa tersebut sudah disahkan menjadi warga. Sabuknya berbeda dengan sabuk siswa.
  2. Sabuk mori mengandung banyak filosofi, di antaranya:
    a. Ditalikan di sebelah kiri, maksudnya mengingatkan bahwa kiri (kiwo) itu  melambangkan keburukan atau sesuatu yang salah, karenanya hal-hal yang bernilai buruk/salah harus ditali agar tidak muncul dari dalam diri kita, baik niat, sikap, ucapan maupun perbuatan.
    b. Ditali wangsul (bukan tali pati), maksudnya ketika kita berbuat keburukan/salah mudah untuk diingatkan.
    c. Dicuci pada bulan Suro/Muharam. 
    d. Dengan mencuci mori, kita diingatkan untuk juga mencuci hati kita dari segala bentuk kekotoran yang telah kita lakukan.
    e. Dicuci dengan air kembang setaman yang harum, mengingatkan kita untuk mencuci kekotoran jiwa dengan sesuatu yang bisa mengharumkan jiwa, agar jiwa kita tidak sekedar bersih tapi juga memancarkan akhlak yang mulia, yang berbudi luhur.
    f. Dicuci dengan pelan dan tidak diperas walaupun proses pengeringannya memerlukan waktu lebih lama, mengingatkan agar dalam melakukan suatu kebaikan hendaknya dilakukan dengan kesabaran dan kelembutan jiwa.
    Tidak grusa grusu (instan) apalagi dengan kekerasan.
  3. Mengambil cara muslim, mori adalah pembungkus jenazah, mengingatkan kita kepada kematian yang datangnya sewaktu-waktu dan tidak kita ketahui. Maka setiap ingat mati, harus ingat pula bekal yang harus dibawa, yaitu amal dan ibadah kita.
  4. Ditulis nama dan weton, mengambil budaya Jawa, adalah sekedar untuk memudahkan pembedaan agar tidak tertukar dan mudah dicari/dikembalikan bila ketinggalan. Kalo cuma ditulis nama lengkapnya saja mungkin banyak yang sama, tapi kalo nama lengkap dan weton (yang sama keduanya) tentu mungkin hampir tidak pernah ada.

Baca juga: Daftar Susunan Pengurus PSHT Pusat Jakarta dari Berbagai Bidang

Baca juga: Downlaod Tema PSHT Keren Android Full HD, Bisa Langsung Unduh dan Dipasang!

Baca juga: Kumpulan Soal Tes CPNS Kemenkumham Terbaru 2023, Bisa Jadi Bahan Belajar lengkap!

Lama Kenaikan Sabuk PSHT

Dalam mendidik siswa menjadi seorang pendekar, PSHT selalu mengadakan tes kenaikan sabuk per 3 bulan yang menandakan kenaikan jenjang setiap latihannya. Beberapa tahap yang dilalui para siswa yaitu diantara tahap mengikuti latihan sabuk polos, sabuk jambon, sabuk hijau dan terakhir sabuk putih kecil.

Untuk menjadi anggota Setia Hati Terate, seseorang harus menjalankan latihan fisik dan juga penggemblengan mental spiritual minimal 2 tahun Latihan selama 2 tahun itu dibagi menjadi 4 tingkatan yang masing-masing tingkatan ditempuh selama 6 bulan latihan.

Bagaimana, apakah menjawab pertanyaan kamu? Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai lama kenaikan sabuk PSHT. Semoga bisa membantu!

Sumber:

UPDATE TERBARU