Wednesday 16th of October 2024

Pakaian Seragam Pramuka Siaga: Ciri-ciri Hingga Kelengkapan Atribut Putra dan Putri

×

Pakaian Seragam Pramuka Siaga: Ciri-ciri Hingga Kelengkapan Atribut Putra dan Putri

--

11. Lambang Kecakapan Umum (TKU) Siaga terdiri dari tiga tingkatan: Mula, Bantu, dan Tata. Dipasang di lengan baju sebelah kiri, di bawah lambang barung.

Ciri dan Atribut Pramuka Siaga Putra

1. Simbol penutup kepala memiliki dua bentuk, yaitu lingkaran untuk putri dan jajargenjang untuk putra, dengan warna dasar hijau. Ditempatkan di bagian depan topi pramuka.


2. Lambang Pandu Dunia (WOSM) berwarna ungu. Pada seragam putri, memiliki bentuk lingkaran dan ditempatkan di kerah baju sebelah kanan. Sedangkan pada seragam putra, berbentuk persegi dan diletakkan di dada sebelah kanan, di atas papan nama.

3. Lambang Pelantikan memiliki dasar warna coklat tua. Pada seragam putri, berbentuk lingkaran dan dipasang di kerah baju sebelah kiri. Sedangkan pada seragam putra, ditempatkan di dada sebelah kiri, di bawah lipatan baju.

4. Papan nama berwarna coklat muda. Baik untuk putra maupun putri, ditempatkan di dada sebelah kanan, di atas lipatan baju, dan di bawah lambang Pandu Dunia (WOSM).

5. Lambang Lokasi Kwarcab menginformasikan nama kwartir cabang (Kabupaten/Kota) tempat tinggal anggota pramuka. Dipasang di lengan baju sebelah kanan, paling atas, baik pada seragam putra maupun putri.

Baca juga: Harga Tiket Masuk Karang Pramuka Kaliurang Yogjakarta Terbaru 2023, Tempat Wisata Skate Date Favorit Bareng Ayang

Baca juga: Kumpulan Yel Yel Pramuka Paling Bagus dan Kreatif, Bikin Regu Lain Langsung Insecure!

Baca juga: Yel Yel Pramuka Regu Lavender Lagu Meraih Bintang, Semakin Bersemangat dan Kompak!

6. Lambang Gugusdepan mencantumkan nomor gugusdepan di mana anggota pramuka bergabung. Pada kedua jenis seragam, ditempatkan di lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah Lambang Lokasi Kwarcab. Nomor gugusdepan memiliki karakter genap untuk putri dan ganjil untuk putra.

7. Badge Daerah menggambarkan lambang kwartir daerah tempat tinggal anggota pramuka. Dipasang di lengan baju pramuka sebelah kanan, di bawah Lambang Gugusdepan.

8. Lambang Kecakapan Khusus (TKK) Siaga berbentuk segitiga terbalik. Baik pada seragam putra maupun putri, ditempatkan di lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah Badge Daerah. Pemasangan maksimal lima TKK di lengan baju, sisa TKK lainnya ditempatkan di selendang (tetampan) TKK.

9. Lambang Jabatan, seperti Tanda Sulung, Pemimpin Barung, atau Wakil Pemimpin Barung, diletakkan di dada sebelah kanan, di bawah lipatan baju.

10. Lambang Barung berbentuk segitiga dengan warna yang sesuai dengan nama barung. Pada kedua jenis seragam, dipasang di lengan baju sebelah kiri, paling atas.

11. Lambang Kecakapan Umum (TKU) Siaga terdiri dari tiga tingkatan: Mula, Bantu, dan Tata. Dipasang di lengan baju sebelah kiri, di bawah lambang barung.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan mengenai seragam pramuka siaga putra dan putri beserta dengan ciri dan atribut lengkapnya. Sekian informasi yang dapat kami bagikan, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Sumber:

UPDATE TERBARU