Wednesday 16th of October 2024
×

Pakaian Seragam Pramuka Siaga: Ciri-ciri Hingga Kelengkapan Atribut Putra dan Putri

Pakaian Seragam Pramuka Siaga: Ciri-ciri Hingga Kelengkapan Atribut Putra dan Putri

--

ASCOMAXX.com - Seragam pramuka wajib digunakan oleh sekolah di Indonesia. Pramuka sendiri juga merupakan suatu organisasi yang wajib diikuti oleh peserta didik. Berikut ini adalah pakaian seragam pramuka siaga beserta ciri-ciri hingga atributnya. Simak selengkapnya dibawah ini.

Pramuka adalah suatu gerakan pendidikan non-formal yang berfokus pada pengembangan karakter, kepemimpinan, keterampilan, dan nilai-nilai positif pada anak-anak dan remaja.


Gerakan ini bertujuan untuk membantu anggotanya menjadi individu yang bertanggung jawab, mandiri, peduli terhadap sesama dan lingkungan, serta siap menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan.

Melalui pendekatan belajar yang menyenangkan dan interaktif, Pramuka berupaya membentuk karakter yang kokoh, sikap kepemimpinan yang tangguh, serta rasa solidaritas dan toleransi.

Baca juga: Cara Memasang Atribut Pramuka Penggalang Putra dan Putri Terlengkap!

Baca juga: Nama-nama Atribut Pramuka Siaga Putri SD/MI, Yuk Ketahui Supaya Tidak Salah!

Baca juga: Harga Tiket Masuk Karang Pramuka Kaliurang Yogjakarta Terbaru 2023, Tempat Wisata Skate Date Favorit Bareng Ayang

Gerakan Pramuka memainkan peran penting dalam membentuk generasi muda yang lebih terampil, beretika, dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.

Pramuka Golongan Siaga

Siaga merupakan tingkatan pertama pada pramuka. Nama siaga berasal dari istilah siaga yang berarti mengacu pada kesiapsiagaan masyarakat Indonesia untuk meraih Kemerdekaan sejak dibentuknya organisasi Boedi Oetomo pada tahun 1908.

Sehingga, pada tingkatan ini merupakan tingkatan awal yang merupakan anggota berusia 7-10 tahun atau usia SD.

Sumber:

UPDATE TERBARU