Saturday 14th of September 2024

Kenapa Permusuhan PSHT dan Pagar Nusa Terjadi? Begini Cerita Sejarahnya!

×

Kenapa Permusuhan PSHT dan Pagar Nusa Terjadi? Begini Cerita Sejarahnya!

--

ASCOMAXX.com – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai sejarah Pagar Nusa dan PSHT bermusuhan di Jawa Timur yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Indonesia memiliki banyak sekali cabang olahraga salah satunya adalah pencak silat. Diketahui pula jika pencak silat sendiri memiliki berbagai cabang organisasi yang ternama di kalangan masyarakat.


Baca juga: Membaca Al Quran dengan Ilmu Tajwid Hukumnya Adalah? Berikut Penjelasan yang Umat Muslim Harus Tau!

Baca juga: Spoiler To Maya After You Episode 5 Sub Indo, Tujuan Pertama Adalah Tonina!

Baca juga: Rab Rumah Walet Adalah? Pengertian, Potensi Keuntungan, dan Alasan Investasi

Namun, beberapa organisasi pencak silat di Indonesia sendiri bersitegang karena sebuah konflik, termasuk antara Pagar Nusa dan PSHT. Lantas, bagaimanakah asal mulanya?

Sejarah Bentrok Pagar Nusa dan PSHT

Diketahui jika PSHT atau Persaudaraan Setia Hati Terate merupakan organisasi pencak silat lokal yang berasal dari Madiun yang telah mempunyai banyak anggota di seluruh Nusantara. Selain belajar pencak silat, para anggotanya turut dibekali dengan falsafah PSHT yang menjadi tuntunan hidup mereka.

Sedangkan Pagar Nusa merupakan salah satu badan otonom Nahdlatul Ulama yang bertugas menggali, mengembangkan, dan melestarikan pencak silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa sebagai warisan wali songo.

Sumber:

UPDATE TERBARU