Thursday 19th of September 2024

Fungsi Kapasitor Pada Pompa Air Listrik Adalah? Berikut Penjelasan Komponennya

×

Fungsi Kapasitor Pada Pompa Air Listrik Adalah? Berikut Penjelasan Komponennya

--

Sehingga arus listrik yang sudah tersimpan didalam kapasitor tersebut dapat digunakan kembali untuk keperluan lain seperti proses starting motor salah satunya.

Baca juga: Daftar Salep Obat Gatal Mudah Ditemukan dan Diaplikasikan, Terlihat Hasil Sejak Pemakaian Pertama!


Baca juga: Cara Atasi Lupa Sandi Privasi dan Enkripsi Aplikasi Vivo Semua Merk Via Pemulihan Kata Sandi, Baca Panduannya Disini!

Baca juga: Cara Cek Suhu Badan Pakai HP Tanpa Aplikasi, Mudah Banget! Pakai Teknik Ini Pasti Bisa

Selain itu kapasitor juga dapat digunakan untuk memperbaiki faktor daya pada tegangan jala jala (PLN), yang berdampak pada penghematan pemakaian listrik dikarenakan nilai faktor daya cukup baik yaitu cos phi 0.8-1.0.

Fungsi Kapasitor Pompa Air

Pada mesin pompa air terdapat satu kapasitor yang berfungsi untuk proses starting pada saat mesin dihidupkan. Perlu diketahui pada saat starting, motor memerlukan energi yang cukup besar untuk menghasilkan energi putar.

Sebagian arus listriknya dipasok dari kapasitor sehingga beban motor menjadi ringan saat starting, Besaran kapasitor yang digunakan pada mesin pompa air umumnya apada kisaran antara 4-16 micro farad. (tergantuk merek).

Nah, demikianlah informasi mengenai fungsi kapasitor di pompa air yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat, ya!

Sumber:

UPDATE TERBARU