Tuesday 17th of September 2024

Cara Kerja Kapasitor Kipas Angin Lengkap Dengan Fungsi, Ukuran, dan Skemanya

×

Cara Kerja Kapasitor Kipas Angin Lengkap Dengan Fungsi, Ukuran, dan Skemanya

--

ASCOMAXX.com - Siapa di sini yang suka menggunakan kipas angin? Langsung saja kali ini kami akan menyampaikan informasi menarik mengenai cara kerja kapasitor kipas angin lengkap dengan fungsinya yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Catat step by stepnya! 

Kipas angin dipergunakan untuk menghasilkan angin. Fungsi yang umum adalah untuk pendingin udara, penyegar udara, ventilasi, pengering. Kipas angin juga ditemukan di mesin penyedot debu dan berbagai ornamen untuk dekorasi ruangan. 


Kipas angin telah ditemukan sejak beribu-ribu tahun lamanya, yaitu sekitar 4000 tahun lalu di dalam makam raja mesir bernama Raja Tutankhamen pada tahun 1922. Pada awalnya kipas digunakan dalam upacara keagamaan di Mesir kuno, sehingga kipas dianggap sebagai barang sakral.

Baca juga: Cara Menyambung Kabel Kipas Angin Gantung, Coba Dengan Posisi yang Tepat!

Baca juga: Cara Pasang Kabel Kipas Angin Gantung Merk Maspion, Bisa Mulai Perhatikan Warna Kabel Dinamo!

Baca juga: Rangkaian Kabel Kipas Angin Panasonic Berbagai Tipe, Untuk Sambungan Kelistrikan

Perkembangan kipas angin semakin bervariasi baik dari segi ukuran, penempatan posisi, serta fungsi. Ukuran kipas angin mulai kipas angin mini (Kipas angin listrik yang dipegang tangan menggunakan energi baterai), kipas angin digunakan juga di dalam unit CPU komputer seperti kipas angin untuk mendinginkan processor, kartu grafis, power supply dan cassing

Kipas angin dapat dikontrol kecepatan hembusan dengan 3 cara yaitu menggunakan pemutar, tali penarik serta remote control. Perputaran baling-baling kipas angin dibagi dua yaitu sentrifugal (Angin mengalir searah dengan poros kipas) dan Axial (Angin mengalir secara paralel dengan poros kipas).

Kipas angin kecil yang biasanya ada di atas meja biasanya tidak ada kapasitor. Untuk kasus kipas angin tanpa kapasitor yang mati total, teknisi menyarankan untuk jumper thermofuse yang ada di dalam kipas. Sebab baik kipas dengan kapasitor ataupun tanpa kapasitor tentu akan tetap memiliki thermofuse. 

Sumber:

UPDATE TERBARU