Tuesday 17th of September 2024

Skema atau Rangkaian Kipas Angin Tanpa Kapasitor yang Wajib Kamu Tahu, Begini Cara kerjanya

×

Skema atau Rangkaian Kipas Angin Tanpa Kapasitor yang Wajib Kamu Tahu, Begini Cara kerjanya

--

Cara Kerja Kapasitor Pada Kipas Angin

Ketika kipas angin dinyalakan, arus listrik mulai mengalir ke dinamo sehingga kipas mulai berputar. Namun, ketika kalian ingin mengatur kecepatan putaran kipas pada tingkat tertentu, itulah saat kapasitor mulai bekerja.

Kapasitor pada kipas angin memungkinkan variasi tegangan listrik yang dialirkan ke motor atau dinamo kipas, sehingga semakin cepat kipas berputar, semakin besar pula energi yang dikeluarkan oleh kapasitor. Jadi kapasitor memainkan peran penting dalam mengatur kecepatan putaran kipas dan memastikan kinerjanya tetap stabil.

Karakteristik Kapasitor Kipas Angin

  • Bentuk: silinder atau kotak.
  • Diameter: sekitar 27 mm.
  • Jumlah fase: 1 fase.
  • Ukuran: 27 x 52.
  • Suhu: antara -25 hingga +85 derajat celcius.
  • Frekuensi: 50Hz
  • Toleransi: 5%
  • Nilai tegangan: 440 VAC.
  • Kapasitansi: Antara 1,5 Mfd sampai 4 Mfd (micro-farad)

Baca juga: Cara Memperbaiki Kipas Angin Panas dan Tidak Berputar, Gausah Repot Repot Ke Tukang Service Segala!

Baca juga: Penyebab Umum Kipas Angin Panas dan Tidak Berputar, No 1 Paling Sering Kejadian!

Baca juga: Cara Menyambung Rangkaian Kabel Kipas Angin Panasonic dengan Mudah dan Praktis, Dijamin 100% Langsung Berhasil

Ukuran Kapasitor Kipas Angin

Ukuran kapasitor pada kipas angin biasanya berbeda-beda, tergantung pada jenis kipas dan kebutuhan daya listrik yang dibutuhkan. Beberapa ukuran kapasitor yang umumnya digunakan pada kipas angin antara lain 1,5 uF / 250 Volt, 2,5 uF, dan 3,3 uF. 

Namun, perlu diingat bahwa jika kamu mengganti kapasitor yang besar dengan yang lebih kecil, misalnya mengganti kapasitor 2,5 uF dengan 1,5 uF, maka tingkat kecepatan putaran kipas akan lebih rendah dari sebelumnya.

Skema/Rangkaian Kipas Tanpa Kapasitor

Rangkaian sederhana kipas angin tanpa kapasitor dapat dilihat pada gambar di atas. Dalam skema ini, kipas angin dihubungkan langsung ke sumber listrik AC, sehingga dapat langsung berputar saat dinyalakan.

Dengan tidak adanya kapasitor, kipas angin tidak memiliki kemampuan untuk mengatur kecepatan putarannya, sehingga hanya dapat berputar pada satu tingkat kecepatan saja. Memperbaiki kipas angin tanpa kapasitor mungkin akan membutuhkan cara-cara yang berbeda dari kipas angin yang menggunakan kapasitor.

Bagaimana, menarik bukan? Itulah informasi mengenai skema modul digital kipas angin miyako yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan selamat mencoba!

Sumber:

UPDATE TERBARU