Friday 20th of September 2024

Macam-Macam Jenis Injeksi atau Suntik Sesuai Dengan Kondisi dan Kebutuhan: Ada Im (Intramuskuler) Hingga Subkutan

×

Macam-Macam Jenis Injeksi atau Suntik Sesuai Dengan Kondisi dan Kebutuhan: Ada Im (Intramuskuler) Hingga Subkutan

--

Pemberian obat dengan cara ini dilakukan pada bagian tubuh yang berotot besar, agar tidak ada kemungkinan untuk menusuk saraf, misalnya pada bokong dan kaki bagian atas atau pada lengan bagian atas.

Pemberian obat seperti ini memungkinkan obat dilepas secara berkala dalam bentuk depot obat. Jaringan intramuskular terbentuk dari otot yang bergaris yang mempunyai banyak vaskularisasi aliran darah tergantung dari posisi otot di tempat penyuntikan. Tujuan pemberian obat secara intramuskular adalah agar obat diserap tubuh dengan cepat.


2. Injeksi Intradermal

Suntikan intradermal adalah jenis suntikan yang tidak masuk ke bawah dermis dan biasanya digunakan untuk vaksinasi. Jenis injeksi ini juga membantu untuk mengetahui apakah kamu memiliki alergi.

Pemeriksaan ini dilakukan melalui tes sensitivitas terhadap alergen ketika mendiagnosis penyakit seperti TBC dan brucellosis. Untuk melakukan tindakan ini dibutuhkan jarum suntik maksimal 1 mililiter, obat lepas lambat dan jarum pendek hingga 1,5 sentimeter. Pada penyuntikan intradermal, daerah kulit yang dipilih bukan area yang mudah luka atau infeksi (misalnya di deltoid). 

Baca juga: Link Download Contoh Surat Rawat Inap Rumah Sakit Untuk Izin Sekolah Atau Kantor

Baca juga: Cara Mengurus Surat Keterangan Rawat Inap Rumah Sakit dan Persyaratan Mendapatkannya

Baca juga: 7 Gambar PAP Opname Dirawat di Rumah Sakit, Auto Diperhatikan Banyak Orang

3. Injeksi Subkutan

Injeksi ini dianjurkan untuk semua zat yang perlu diserap sangat lambat. Beberapa contohnya adalah morfin dan atropin. Untuk melakukannya, kamu harus menusuk jarum ke bawah kulit dengan sudut 45° ke dalam jaringan lemak subkutan.

Tarik pendorong pada semprit untuk memastikan tidak ada darah (jika ada, tarik jarum perlahan dan coba lagi). Suntikkan obat dengan menekan pendorong pada semprit pelan-pelan hingga obat habis. Lepaskan jarum dan tekan kuat-kuat bekas suntikan dengan kapas atau kain kecil.

4. Injeksi Endovena

Area yang disuntikkan biasanya tepat di bawah lekukan siku atau di lengan bawah. Manfaat utama injeksi endovenous adalah obat dapat langsung masuk ke pembuluh darah sehingga dapat cepat meresap.

Nah, itu dia informasi mengenai cara daftar BPJS online melalui Mobile JKN terbaru 2023 yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan selamat mendaftarkan diri!

Sumber:

UPDATE TERBARU