Sunday 8th of September 2024

Cara Membuat Box Speaker Lengkap Dengan Skema, Volume, dan Lubang Anginnya

×

Cara Membuat Box Speaker Lengkap Dengan Skema, Volume, dan Lubang Anginnya

--

Rumus Membuat Box Speaker Bas Empuk

Volume box speaker sebenarnya tidak baku karena pada intinya semakin besar box speaker maka gain suara low yang direproduksi akan semakin besar, namun ada pertimbangan-pertimbangan tertentu yang perlu diperhatikan termasuk karakter yang diinginkan, hingga biaya.

Kini memang banyak software tertentu yang bisa digunakan untuk menghitung volume box speaker untuk menentukan gain frekuensi rendah yang bisa dihasilkan; namun pengujian secara live tetap harus dilakukan karena hanya telinga yang bisa menilainya secara akurat.


Cara mengujinya dengan mengurangi volume box sedikit demi sedikit sampai menemukan karakter suara yang diinginkan.

Baca juga: Harga Sound System Surabaya yang Bisa Sewa Murah dan Tanpa Menguras Kantong!

Baca juga: Sewa Sound System Surabaya yang Bisa Jadi Rekomendasi, Adakan Acara Besar Tanpa Bingung!

Baca juga: Harga Sewa Sound System Jakarta Untuk Pernikahan Hingga Acara Besar, Mulai 1 Jutaan

Desain Standar Box Speaker

Tipe box sealed dan ported menghasilkan karakter yang berbeda, yang mengacu pada bagaimana cara mengoptimalkan frekwensi low yang bisa dihasilkan loudspeaker. Kedua tipe memiliki kelebihan dan kekurangannya. 

Semakin besar box semakin meningkatkan gain nada rendah, namun bukan berarti semakin bagus Menghitung volume box speaker bertujuan untuk mendapatkan karakter suara yang diinginkan (midbass, woofer, subwoofer), biaya, dan ruang.

Ukuran Lubang Angin(Tipe Box Ported/Reflex)

Lubang angin pada box ported adalah meresonansi suara bass yang dihasilkan oleh diafragma belakang speaker sehingga bisa menjadi lebih keras. Besar kecilnya bisa mempengaruhi karakter suara bass yang direporduksi. Untuk itu kamu bisa mengacu pada ukuran lubang standard yang sudah dianggap sebagai ukuran yang pas :

  • Speaker 12″ slot port 6cm
  • Speaker 15″ slot port 8cm
  • Speaker 18″ slot port 10cm

Bahan box speaker

Bahan untuk box speaker sebenarnya terkait masalah ketahanan dan bobot. Bahan box harus bisa menahan getaran dengan baik, semakin tebal semakin bagus namun bobot dan biaya yang menjadikannya tidak bagus.

Bahan triplek adalah bahan yang paling umum dipakai penggemar audio sound sistem, karena selain kuat menahan getaran, bobotnya lebih ringan, mudah dipotong, dan harganya lebih murah daripada bahan dari kayu papan. Namun kayu papan memiliki kualitas yang lebih baik dalam menahan getaran.

Sambungan Dan Sudut Pada Box Speaker

Sambungan potongan-potongan papan harus kuat menahan getaran dan udara tidak boleh bisa menyusup, untuk itu harus dipaku/skrup sekaligus dilem.

Sebaiknya sudut-sudut sambungan pada desain box tidak membentuk sudut 90° / siku agar udara bisa bersirkulasi dengan lebih baik terutama untuk box yang bersekat sekat seperti box miniscoop. Cara ini juga berguna untuk mengurangi potensi kebocoroan udara pada sambungan sudut, sekaligus juga semakin memperkuat boxnya.

Nah, itu dia informasi mengenai cara membuat box speaker yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan selamat mencoba!

Sumber:

UPDATE TERBARU