Friday 20th of September 2024

Daftar Rute Ziarah Wali Songo Dari Bandung Lengkap, Pakai Panduan Ini Biar Tak Ada Lokasi yang Terlewatkan

×

Daftar Rute Ziarah Wali Songo Dari Bandung Lengkap, Pakai Panduan Ini Biar Tak Ada Lokasi yang Terlewatkan

--

Wali Songo

Wali Songo adalah para ulama besar di daerahnya masing masing dan penyebar agama Islam yang memiliki peran penting dalam menyebarkan ajaran Islam di Jawa dan membentuk karakter keagamaan dan kebudayaan masyarakat Jawa. 

  1. Sunan Gresik (Raden Paku atau Maulana Malik Ibrahim): Tinggal di Gresik, Jawa Timur. Wilayah penyebaran pengaruhnya meliputi Jawa Timur, Jawa Tengah, dan sebagian Jawa Barat.
  2. Sunan Ampel (Raden Rahmat): Tinggal di Surabaya, Jawa Timur. Wilayah penyebaran pengaruhnya meliputi Surabaya, Sidoarjo, dan sekitarnya.
  3. Sunan Bonang (Raden Makhdum Ibrahim): Tinggal di Tuban, Jawa Timur. Wilayah penyebaran pengaruhnya meliputi Tuban, Bojonegoro, dan sekitarnya.
  4. Sunan Drajat (Raden Qasim): Tinggal di Lasem, Jawa Tengah. Wilayah penyebaran pengaruhnya meliputi Rembang, Lasem, dan sekitarnya.
  5. Sunan Kalijaga (Raden Said atau Syekh Malaya): Tinggal di Demak, Jawa Tengah. Wilayah penyebaran pengaruhnya meliputi Demak, Kudus, Jepara, dan sebagian Jawa Tengah.
  6. Sunan Giri (Raden Paku or Raden Syarif Hidayatullah): Tinggal di Gresik, Jawa Timur. Wilayah penyebaran pengaruhnya meliputi Gresik, Lamongan, dan sekitarnya.
  7. Sunan Kudus (Ja’far Shadiq): Tinggal di Kudus, Jawa Tengah. Wilayah penyebaran pengaruhnya meliputi Kudus, Pati, dan sekitarnya.
  8. Sunan Muria (Raden Umar Said): Tinggal di Gunung Muria, Jawa Tengah. Wilayah penyebaran pengaruhnya meliputi Pati, Blora, dan sekitarnya.
  9. Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah atau Syarif Nurullah): Tinggal di Cirebon, Jawa Barat. Wilayah penyebaran pengaruhnya meliputi Cirebon, Indramayu, dan sekitarnya.

Baca juga: 5 Lokasi Tempat Ziarah di Cirebon yang Banyak Dikunjungi, Ada Masjid Agung Sang Cipta Rasa hingga Makam Sunan Gunung Jati


Baca juga: Rute Ziarah Wali Songo dari Cirebon Tahun 2023, Dimulai dari Makam Sunan Gunung Jati

Baca juga: 3 Rute Ziarah Wali Jawa Tengah Mulai Dari Makam Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, dan Sunan Muria

Rute Ziarah Wali Songo

Cirebon, Jawa Barat

Rute dimulai dari Jakarta/bandung atau daerah lainnya menuju Cirebon, yang merupakan tempat tinggal Sunan Gunung Jati. Di sini, Anda dapat mengunjungi makam Sunan Gunung Jati dan kompleks Keraton Kasepuhan yang terletak di dalamnya. Makam Sunan Gunung Djati terletak di desa Astana, kecamatan Cirebon Utara, sekitar 6 km dari Kota Cirebon atau jalur pantura jawa. Estimasi dari jakarta sekitar 3-4 jam (tergantung kondisi keramaian jalan)

Demak, Jawa Tengah

Tiba di demak langsung menuju masjid agung demak. Masjdi ini adalah pusat perkembangan islam di jawa, bertemuanya para wali songo. Masjid Agung Demak ini salah satu peninggalan bersejarah dari masa kejayaan Kesultanan Demak, yang didirikan oleh Sunan Kalijaga.

Kudus, Jawa Tengah

Di Kudus, Anda dapat mengunjungi Makam Sunan Kudus dan Masjid Menara Kudus yang merupakan peninggalan sejarah dan menjadi salah satu pusat kegiatan keagamaan di daerah tersebut. Setelah berkunjung dari menara kudus, bisa menuju makam sunan gunung muria yang terletak di daerah colo, kecamatan dawe, kudus. Perjalanan dari menara kudus sekitar 30 menit

Tuban, Jawa Timur

Di Tuban, Anda dapat mengunjungi Makam Sunan Bonang, salah satu Wali Songo yang memiliki pengaruh yang signifikan dengan tembang tombo ati dalam penyebaran agama Islam di Jawa. Makam Sunan Bonang, tepatnya di komplek pemakaman Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban di kota Tuban. Posisinya di sebelah barat alun-alun kota Tuban, di sebelah barat Masjid Agung Tuban. Estimasi waktu 2 jam dari demak ke tuban.

Lamongan, Jawa Timur

Di Lamongan, Anda dapat mengunjungi Makam Sunan Drajat yang terletak di Desa Paciran.

Gresik

da dua makam wali di daerah gresik, yaitu makam sunan gresik sebagai sunan tertua dari sembilan wali dan makam sunan giri yang terkenal dengan prabu samanta.  

Surabaya

Makam sunan ampel terletak di kampung ampel, kota surabaya. Ini menjadi perjalanan terakhir sebelum balik ke jakarta atau daerah lainnya di bagian barat.

Nah, jadi itulah informasi mengenai rute ziarah wali songo dari bandung yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bemanfaat ya! Sekian update asomaxx.com kali ini! 

Sumber:

UPDATE TERBARU