Thursday 19th of September 2024

Cara Mendapatkan Ijazah Paket C Lengkap Dengan Biaya, Proses, Berikut Juga Kegunaannya

×

Cara Mendapatkan Ijazah Paket C Lengkap Dengan Biaya, Proses, Berikut Juga Kegunaannya

--

Berapa Lama Waktu Pelaksanaan Kejar Paket C 

Untuk mendapatkan ijazah paket C biasanya peserta dapat memilih jam belajar selama kurun waktu tertentu dengan ketentuan peserta yang masih pada usia belajar dapat menempuhnya layaknya pendidikan formal yaitu selama 6 semester atau 3 tahun.

Sedangkan usia dewasa dapat menempuhnya hanya dengan 4 semester atau 2 tahun. Kegiatan pembelajaran juga dilakukan cukup fleksibel dan tidak satu minggu penuh.

Biaya Kejar Paket C


Biaya yang dikeluarkan untuk mengikuti program paket C lebih murah dibanding sekolah formal biasa. Umumnya biaya biasanya tergantung pada lembaga pendidikan masing-masing tapi rata-rata berkisar antara Rp3.000.000-, hingga Rp5.000.000-, yang dapat diangsur hingga 10 bulan bahkan ada yang gratis.

Program Kejar Paket C

Ijazah paket C kurang lebih sama dengan ijazah pendidikan formal pada umumnya hanya terdapat perbedaaan pada tanda tangannya. Jika pada pendidikan formal ijazah akan ditandatangani oleh kepala sekolah, sedangkan pada jenis ini ditandatangani oleh kepala dinas pendidikan kota/kabupaten setempat.

Ijazah paket dijamin keabsahan dan dasar hukumnya, maka dari itu ijazah ini dapat dipergunakan untuk masuk PTN, PTS, penyesuaian golongan jabatan, dan lainnya.

Mengenai kurikulum untuk mengikuti program kejar paket C sudah dikembangkan dengan acuan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 24 tahun 2016 mengenai kompetensi inti dan kompetensi dasar.

Baca juga: 10+ Lagu Dangdut Koplo Buat Karaoke, Banyak yang Viral dan Cocok Buat Joget!

Baca juga: Cara Mengamalkan Sholawat Munjiyat Agar Diberikan Kekayaan yang Berkah, Ijazah dari K.H. Ahmad Jauhari Umar Pasuruan

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Ijazah Belum Keluar dari Sekolahan yang Baik dan Benar

Cara Mendapatkan Ijazah Paket C

  1. Mencari pusat kegiatan belajar masyarakat

Sebelum mengikuti program paket c peserta sudah pasti harus mencari lokasi lembaga kegiatan belajar masyarakat (PKBM) sekitar kota/kabupaten terdekat.

  1. Mempersiapkan data-data

Peserta diwajibkan untuk mengumpulkan berkas data-data yang diperlukan untuk pendaftaram. Berkas-berkas pada umumnya biasanya meliputi formula pendaftaran, akte kelahiran, kartu keluarga, pas foto, ijazah SMP, SKHUN SMP.

  1. Mengikuti jadwal pendaftaran

Jangan lupa untuk mencari dan memantau jadwal ujian paket C agar tidak ketinggalan/terlewatkan. Biasanya ujian paket C akan dilaksanakan setiap satu tahun sekali dan peserta dapat mendaftar setahun sebelumnya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait cara mendapatkan ijazah paket c. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Pastikan kamu selalu cek updatenya biar tak ketinggalan.

Sumber:

UPDATE TERBARU