Friday 20th of September 2024

Arti Trisula di Lambang Pagar Nusa, Miliki Makna Pengembangan Pencak Silat di Indonesia

×

Arti Trisula di Lambang Pagar Nusa, Miliki Makna Pengembangan Pencak Silat di Indonesia

--

Pagar Nusa, yang artinya "pagar tanah air," mencerminkan komitmen untuk melindungi budaya dan nilai-nilai Indonesia. Seni bela diri ini telah menjadi bagian penting dari warisan budaya, juga sebagai cara untuk memelihara dan mewarisi tradisi-tradisi leluhur dalam bentuk seni yang indah.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Makan Nasi Uduk Jakarta yang Paling Enak dan Harga Terjangkau, Bisa Didatangi Buat Cari Sarapan!


Baca juga: Rekomendasi Tempat Makan Soto Enak di Yogyakarta Terkenal dan Murah, Buat yang Doyan Wisata Kuliner Bisa Mampir!

Baca juga: 3 Rekomendasi Internet Cafe Terdekat Kota Jogja Terbaik 2023, Dibekali Spek Tinggi dan Fasilitas VIP!

Tentang Trisula di Lambang Pagar Nusa

Lambang Pencak Silat Pagar Nusa memiliki komponen-komponen penting yang membawa berbagai makna, salah satunya adalah trisula.

Di tengah bola dunia terdapat trisula yang memiliki arti tiga orientasi organisasi, yakni aspek olahraga, ke-Islaman, dan ke-Indonesiaan. Trisula, sebagai senjata klasik yang luas digunakan di Nusantara, menjadi simbol yang sangat relevan.

Untuk pengertian komponen lambang lainnya yaitu sebagai berikut:

1. Bola dunia, Garis Lintang, Garis Bujur dan Garis Katulistiwa

Terdapat sebuah bola dunia dengan garis lintang, garis bujur, dan garis katulistiwa yang melambangkan bumi, persada Nusantara, visi kesemestaan, serta misi rohmatan lil 'alamin yang mencakup aspek duniawi dan ukhrawi, material dan spiritual, serta dimensi fisik dan batiniah secara menyeluruh.

Sumber:

UPDATE TERBARU