Sunday 8th of September 2024

Contoh Teks MC Temu Manten dalam Bahasa Jawa, Bisa Jadi Bahan dan Contoh!

×

Contoh Teks MC Temu Manten dalam Bahasa Jawa, Bisa Jadi Bahan dan Contoh!

--

ASCOMAXX.com - Pada artikel berikut ini kami akan bagikan mengenai contoh teks MC temu manten dalam Bahasa Jawa yang bisa jadi bahan atau contoh. Untuk lebih mudahnya silahkan simak informasi dibawah ini.

Acara temu manten adalah sebuah perayaan atau pertemuan yang diadakan dalam konteks pernikahan di Indonesia. Biasanya, acara ini merupakan bagian dari rangkaian pernikahan tradisional Jawa, meskipun konsep ini dapat ditemui dalam berbagai budaya di Indonesia.


Acara temu manten biasanya diadakan setelah pihak calon pengantin laki-laki dan perempuan resmi bertunangan. Acara ini menjadi kesempatan bagi kedua keluarga dan teman-teman dekat untuk bertemu, berkenalan, dan merayakan persatuan kedua mempelai.

Baca juga: Teks MC/Pembawa Acara Formal dengan Bahasa Inggris, Mudah Dihafalkan Untuk Para Pemula

Baca juga: Contoh Teks Pembawa Acara Pertemuan Rutin PKK, Mudah Dihafal dan Dipahami!

Biasanya, acara ini dihiasi dengan dekorasi yang khas, seperti tenda, bunga-bungaan, dan hiasan-hiasan tradisional. Selain itu, temu manten juga dimeriahkan dengan musik, tarian, serta hidangan makanan dan minuman lezat. 

Walaupun saat ini sebagian besar masyarakat Jawa menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam berbagai acara perayaan, namun masih ada sebagian masyarakat Jawa yang tetap mempertahankan penggunaan bahasa Jawa sebagai medium komunikasi.

Terkait dengan tugas seorang pembawa acara berbahasa Jawa, disebut sebagai pranata cara atau pranata adicara, di mana individu ini bertindak sebagai pemandu dalam sebuah acara dan menggunakan bahasa Jawa krama. Seperti teks MC temu manten berikut ini.

Teks MC Temu Manten Bahasa Jawa

  • Dumateng para alim ulama' ingkang rinten dalu tansah sumanding kitab suci wahyuning ilahi minangka panuntun keblating panembah ingkang satuhu luhur ing budi.
  • Dumateng poro sesepuh pinisepuh ingkang satuhu kinabekten.
  • Dumateng poro pangemban pangembating praja satriyaning nagari minangka pandam pandoming kawulo dasih ingkang kinasih.
  • Para penderek pinanganten kakung / putri saking tlatah …………………….. ugi para tamu undangan kakung sumawana putri ingkang satuhu dahat kinurmatan.

Minangkaning purwokaning atur sumonggo tansah kulo derekaken ngraosaken puji syukur Alhamdulillah wonten ngarso dalem Alloh SWT. Ingkang sarono sih kawelasan soho lumeberipun rohmat taufik soho hidayahipun kulo dalah panjenengan sedoyo saget makempal manunggal wonten setunggal majlis, saperlu Derek-derek mangestreni wontenipun acoro walimatul ‘urusy kanti kawontenan wilujeng nir sambikolo kalis ing beboyo.

Sumber:

UPDATE TERBARU