Friday 20th of September 2024

Fungsi Kabel Jack Stereo dan Cara Menyambungnya Dengan Kabel RCA, Catat Step by Stepnya

×

Fungsi Kabel Jack Stereo dan Cara Menyambungnya Dengan Kabel RCA, Catat Step by Stepnya

--

Mengenal Kabel Jack

Setelah paham kabel RCA sekarang mari mengenal karakteristik dari kabel Jack agar semakin paham bagaiman cara pasang Jack xlr, cara menyambung Jack stereo ke mono atau cara pasang Jack stereo, hingga cara menyolder kabel Jack audio.

Kabel jack itu merupakan sebuah kabel konektor yang menjadi penyambung dari earphone atau headphone dengan perangkat yang dapat menghasilkan audio seperti Audio Player, Handphone, Komputer PC, atau Laptop. Kabel Jack juga dapat digunakan untuk menghubungkan alat-alat musik listrik yang menerima input audio dari mikropon seperti Amplifier.

Ciri-Ciri Kabel RCA

  • Kabel RCA memiliki tiga kabel dengan tiga kepala kabel.
  • Setiap kabel akan memiliki warna yang berbeda.
  • Masing-masing kabel akan memiliki fungsinya masing-masing.
  • Kabel RCA kuning berfungsi mengirim sinyal video ke tujuan.
  • Kabel RCA merah dan putih berfungsi sebagai pengirim sinyal suara dengan mode stereo, kanan dan kiri. Kedua kabel ini harus tertancap karena jika tidak mode stereo tidak akan aktif.

Baca juga: Skema Preamp Mic IC 4558 Lengkap Dengan Cara Merakitnya, Bikin Audio Speaker Makin Nyus

Baca juga: Ukuran dan Skema Box Speaker Hog Scoop 18 Inch, Audio Lapangan yang Super Mantap

Baca juga: Cara Membedakan Frekuensi Audio dengan Mudah, Ketahui Fungsinya Disini!

Cara Menyambung Kabel Balanced XLR ke RCA

1. Peletakan Dasar

Untuk melakukan cara menyambung Jack XLR ke RCA maka ingatlah nomor urut yang ada pada setiap jack dan socket. Urutannya adalah nomer 1 untuk ground, nomor 2 untuk sinyal dan nomor 3 sebagai in return.

Untuk perakitan mono, maka pin no 1 yaitu ground harus dihubungkan dengan pin no 3 yaitu in return. Sedangkan pada perakitan stereo, setiap pin terhubung dengan 3 kabel sesuai urutan, yaitu pin 1 = ground, pin 2 = input signal A dan pin 3 = input signal B.

2. Memotong Konektor

Konektor yang ada di pasaran biasanya akan memiliki tiga atau empat kabel dengan warna yang berbeda. Jika tiga kabel maka warnanya ada 3 juga, yaitu merah, hijau, atau biru.

Sedangkan apabila berupa empat kabel, maka akan ada kemungkinan terdapat dua buah kabel yang telanjang dengan hanya dilapisi tembaga. Untuk bagian dasar pilihlah kabel yang warnanya dilapis dengan tembaga, merah di tengah dan hijau atau biru di sebelah kiri.

3. Pemasangan

Langkah awal pada proses pemasangan adalah dengan cara menyelipkan konektor ke dalam kabel RCA yang sudah disiapkan tadi. Kemudian lakukan pembungkusan dengan kawat yang sesuai ke masing-masing bagian dari konektor.

Nah setelah semua tahapan tersebut selesai, maka cek sekali lagi dan pastikan tidak ada kabel yang berlebihan, yang menonjol atau kabel yang menyentuh kabel lainnya.  Jika perlu lakukan pengisolasian pada setiap kawat yang ada agar semakin kuat.

Sekian ringkasan informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua mengenai fungsi kabel jack stereo dan cara menyambungnya. Semoga sedikit banyak bisa berguna dan bermanfaat ya.

Sumber:

UPDATE TERBARU