Friday 20th of September 2024

Mengenal Struktur Organisasi Perusahaan Manufaktur dan Fungsi Jabatannya

×

Mengenal Struktur Organisasi Perusahaan Manufaktur dan Fungsi Jabatannya

--

1. Direktur

Direktur merupakan bagian struktur organisasi perusahaan manufaktur yang bertanggung jawab terhadap segala bentuk operasional atau berjalannya perusahaan.

Baca juga: Top 7 Aplikasi Baca Komik Fujoshi Bahasa Indonesia, Surganya Pecinta Boys Love Yaoi!


Baca juga: Rekomendasi 3 Aplikasi Translate Inggris - Indonesia Selain Google Translate, Bisa Langsung Kamu Unduh Secara Gratis!

Baca juga: Pengaplikasian Structural Equation Modeling (SEM) di Segala Bidang, Psikologi hingga Pengukuran dalam Penelitian Ilmiah

2. Penyedia Bahan

Sebelum memproduksikan sebuah barang, tentu harus disediakan bahan yang diperlukan. Bagian ini bertanggung jawab mulai dari bahan dasar atau bahan pokok dan bahan tambahan untuk melakukan produksi.

3. Alat Produksi

Menyediakan serta memelihara keawetan alat atau mesin yang digunakan untuk melakukan proses produksi dan mempunyai tanggung jawab apabila alat produksi mengalami gangguan atau kerusakan.

4. Keuangan

Merupakan struktur organisasi perusahaan manufaktur yang bertanggung jawab untuk keuangan operasional perusahaan dengan mengatur manajemen keuangan mulai dari belanja rutin untuk produksi dan keperluan keuangan perusahaan yang lain.

5. Produksi

Ini merupakan struktur organisasi perusahaan manufaktur yang sangat penting karena 80% kegiatan dari industri manufaktur berfokus pada kegiatan produksi. Produksi terdiri dari beberapa struktur di bawahnya seperti :

  • Pra-Produksi

    Menyiapkan bahan yang dibutuhkan yang telah disediakan oleh penyedia bahan.

  • Produksi

    Melakukan proses produksi yang merubah suatu bahan menjadi barang yang siap untuk digunakan.

  • Kontrol Kualitas

    Melakukan pengecekan terhadap barang yang diproduksi apakah telah sesuai dengan standar kualitas yang telah ditentukan atau sesuai dengan standar yang dipesan oleh konsumen.

  • Pasca-Produksi

    Mengemas dan mengatur penyimpanan barang yang siap dipasarkan.

Sumber:

UPDATE TERBARU