Friday 20th of September 2024

Cara Ternak Burung Perkutut Bangkok Agar Cepat Bertelur dan Tumbuh Sehat

×

Cara Ternak Burung Perkutut Bangkok Agar Cepat Bertelur dan Tumbuh Sehat

--

Cara Ternak Perkutut Bangkok

Untuk beternaknya sendiri, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut:

Baca juga: Karakteristik dan Cara Membuat Lukisan Abstrak Mudah, Simak dan Ikuti Langkahnya Disini!


Baca juga: Download Teks MC dan Susunan Acara Penutupan Turnamen Bola Voli yang Mudah Dihafalkan Gratis

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar Franchise Kopi Kulo dengan Info Lengkapnya, Minuman Kekinian dengan Profit Menjanjikan!

1. Pemilihan Indukan Burung Perkutut Bangkok

Pilihlah indukan perkutut bangkok yang berkualitas dengan ciri-ciri burung telah berumur 4-6 bulan agar proses penjodohan yang nantinya dilakukan tidak terlalu sulit. Selain itu, sangat disarankan umur perkutut betina harus lebih tua dibandingkan perkutut bangkok jantan.

2. Persiapan Kandang Ternak Burung Perkutut Bangkok

Kandang burung perkutut bangkok harus dibuat dengan nyaman agar burung tidak mudah stres. Kandang biasanya terbuat dari kawat dengan ukuran ideal kandang yaitu tinggi sekitar 45-180 cm dengan lebar ideal kandang sekitar 50-60 cm dan panjang kandang sekitar 100-180 cm.

Agar suhu dalam kandang perkutut bangkok selalu stabil, sebaiknya alas kandang dibuat dari tanah atau pasir. Sedangkan bagian atap kandang bisa dibuat dari asbes atau genting.

Pastikan posisi kandang ternak perkutut juga mendapat sinar matahari yang cukup di pagi hari dan perhatikan juga jarak atapnya. Jika jarak antara sangkar dengan atap terlalu dekat, maka kemungkinan perkutut bangkok bisa kepanasan dan akhirnya membuat burung menjadi stres.

3. Cara Menjodohkan Burung Perkutut Bangkok

Proses penjodohan perkutut bangkok dapat dilakukan dengan memasukkan dua calon indukan ke dalam sangkar yang berbeda yang didekatkan, jika sudah berjodoh masukkan keduanya ke kandang ternak.

Sumber:

UPDATE TERBARU