Friday 20th of September 2024

Cara Ternak Burung Perkutut Bangkok Agar Cepat Bertelur dan Tumbuh Sehat

×

Cara Ternak Burung Perkutut Bangkok Agar Cepat Bertelur dan Tumbuh Sehat

--

Baca juga: Download Template Susunan Acara Pembukaan Turnamen Bola Voli dan Teks MC Format PDF/DOC Langsung Diprint

Baca juga: Ide Resep Mie Goreng Pedas Untuk 50 Porsi, Bisa Dihidangkan di Segala Acara Formal dan Non Formal!


Baca juga: Gatal Tak Kunjung Sembuh Menurut Ustadz Danu, Ngeri! Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Waktu terbaik untuk memasukkan perkutut bangkok ke dalam kandang ternak yaitu pada sore hari. Sebelum burung dimasukkan ke dalam kandang, sebaiknya diberikan kacang hijau lunak, minyak ikan, vitamin E dan semprot juga tubuhnya dengan air hingga basah.

4. Pemeliharaan Perkutut Bangkok

Pakan yang bisa diberikan pada burung perkutut bangkok diantaranya yaitu jewawut, padi, kejawan atau biji rumput yang tumbuh di sela tanaman padi.

Selain diberikan makanan pokok perkutut bangkok, berikan campuran parutan kencur dan air atau parutan kencur saja untuk menjaga kesehatan, menghilangkan lendir atau dahak, menjaga kualitas suara sekaligus memperkuat pita suara perkutut bangkok.

Piyik perkutut bangkok sebaiknya dipisahkan dari indukan saat berusia 1-1.5 bulan. Pada umur itu, umumnya anak burung sudah bisa makan sendiri. Anakan yang sudah dipisahkan tersebut ditempatkan dalam sangkar berukuran 50 cm x 70 cm x 50 cm yang bisa menampung 8-10 ekor anakan perkutut bangkok.

Makanan yang dapat diberikan pada perkutut bangkok anakan sebaiknya pakan yang mengandung vitamin B kompleks, kalsium, minyak ikan dan juga obat cacing serta pastikan anakan memperoleh sinar matahari yang cukup.

Sumber:

UPDATE TERBARU