Friday 18th of October 2024
×

Berapa Ukuran Box Speaker 12 Inch Bass Jauh Untuk Rumahan, Lengkap dengan Gambarnya

Berapa Ukuran Box Speaker 12 Inch Bass Jauh Untuk Rumahan, Lengkap dengan Gambarnya

--

1. Buat Skema Rangka Kotak Speaker Buatlah skema rangka kotak speaker terlebih dahulu untuk menentukan ukurannya. Pastikan ukuran kotak speaker sesuai dengan speaker yang akan digunakan. Gunakan keahlianmu dalam membelah potongan kayu untuk menghemat biaya. Kotak speaker biasanya terbuat dari partikel berserat dengan kepadatan sedang. Rasio ukuran frame adalah 4 x 2 untuk sisi kanan, kiri, depan, dan belakang, sementara pada alas atas dan alas bawah, rasio ukurannya adalah 2 x 2.

2. Rangkai dan Rekatkan Semua Papan Menjadi Kotak Buat lubang untuk driver speaker menggunakan teknik dengan diameter tepi bodi speaker. Pastikan lubang tersebut berada di tengah papan depan. Setelah lubang selesai, pasang driver speaker untuk memastikan kecocokan. Buat juga lubang kecil untuk konektor panel, pegangan samping kanan dan kiri, serta ventilasi. Rekatkan semua potongan kayu menjadi satu dengan menggunakan lem kayu. Tutupi kotak dengan karpet lembut untuk penampilan yang lebih estetis dan suara yang lebih kedap.


3. Pasang Komponen pada Kotak Speaker Setelah kotak speaker siap, saatnya untuk merakit kotak speaker 12 inci untuk bass. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tempatkan driver speaker, driver klakson, dan konektor panel pada kotak speaker yang telah kamu desain sebelumnya. Gunakan sekrup untuk memastikan bahwa semuanya terpasang dengan kuat dan kokoh.
  • Sambungkan kabel dari speaker ke driver klakson, dan dari driver klakson ke konektor panel.
  • Kotak speaker 12 inci untuk bass telah selesai dirakit dan siap digunakan.

Baca juga: Skema dan Ukuran Box Speaker 8 Inch Full Range, Suara Bass Mantap dan Dijamin Menggelegar

Baca juga: Harga Speaker Legacy 12 Inch Terbaru 2023, Cocok Banget Dipasang di Mobil dan Suara Dijamin Nendang

Baca juga: Skema Mini Scoop 18 Inch dan Cara Pemasangannya Paling Mudah, Suara Bass Makin Optimal

Skema dan Ukuran Box

Skema dasar

Ukuran panel dalam gambar 3D. Penjelasan kode H dan I yang berwarna biru Aqua adalah brace yang gunanya agar box tidak bergetar saat menerima bass besar. Ini sangat penting karena jika box bergetar maka bass yang dihasilkan tidak akan bisa maksimal.

Ukuran panel depan lubang speaker dan tweeter corong. Ukuran tweeter corong menurut skema ini adalah 21,5cm X 17,5cm, tidak harus sama jadi jika ingin ukuran yang lain silakan diukur sendiri sesuai keperluan asalkan bisa muat pada box.

Sumber:

UPDATE TERBARU