Monday 1st of July 2024

Cara Menggunakan Crayon Oil Pastel yang Benar dan Aman Untuk Anak-Anak Dari Berbagai Merk

×

Cara Menggunakan Crayon Oil Pastel yang Benar dan Aman Untuk Anak-Anak Dari Berbagai Merk

--

Cara memilih oil pastel

Kenali grade oil pastel terlebih dahulu

Ooil pastel memiliki dua kualitas atau grade, yaitu student grade dan artist grade. Kami akan menjelaskan tiap-tiap kualitas tersebut:


1. Student grade

Oil pastel dengan student grade tentunya dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan artist grade. Kualitasnya pun bisa dibilang berbeda. Namun, produk ini bisa digunakan oleh pemula ataupun profesional. Anda bisa menemukan banyak student grade-oil pastel di pasaran Indonesia.

2. Artist grade

Harganya lebih tinggi karena memiliki pigmen warna yang berbeda dengan student grade. Teksturnya lebih lembut serta tidak menghasilkan banyak serpihan atau debu saat digunakan.

3. Pilih berdasarkan jumlah isi

Oil pastel dijual dalam berbagai isi kemasan. Anda bisa menemukan oil pastel dalam kemasan berisi dua belas, dua puluh empat, bahkan ada yang dijual satuan.

Tips saat memilih oil pastel 

  • Jika Anda baru ingin mencoba suatu merek oil pastel, pilihlah produk yang dijual satuan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kualitas warnanya terlebih dahulu sebelum membeli dalam bentuk set. Selain itu, Anda bisa memastikan apakah produknya menghasilkan debu saat digunakan atau tidak.
  • Oil pastel dalam bentuk set cocok untuk para pemula dan anak-anak. Dengan produk seperti ini, Anda bisa berlatih lebih leluasa dengan banyaknya pilihan warna yang tersedia.
  • Oil pastelyang ramping biasanya memiliki diameter di bawah 1 cm. Bentuknya lebih ramping dan cocok untuk detail kecil. Namun, ukuran yang kecil membuat Anda membutuhkan waktu ekstra untuk melukis.
  • Apabila kurang nyaman dengan oil pastel berukuran kecil, Anda bisa memilih oil pastel dengan diameter lebih dari 1 cm. Salah satu merek yang memiliki oil pastel berukuran jumbo adalah Sakura. 
  • Oil pastel dengan diameter yang lebih besar biasanya dirancang untuk tangan anak-anak.Jadi, si kecil yang masih berlatih motorik tetap dapat menggunakan oil pastel dengan nyaman.

Baca juga: Perbedaan Crayon Biasa dengan Oil Pastel Dari Segala Aspek, No 1 Paling Mencolok!

Baca juga: Apa Kelemahan Crayon Oil Pastel Dalam Seni Mewarnai? Inilah Jawaban Lengkapnya!

Baca juga: Tips Membuat Lukisan Crayon Mudah Ditiru Untuk Para Pemula, Pasti Dapat Nilai Tinggi!

Memilih oil pastel untuk anak-anak

  • Bebas zat beracun

Sudah banyak merek oil pastel yang mengeklaim produknya bebas zat beracun. Dengan begitu, Anda bisa merasa tenang memberikan pada anak-anak untuk mewarnai gambar kesukaannya.

  • Bebas debu

Goresan oil pastel juga menghasilkan debu. Kotoran tersebut mungkin saja berbahaya untuk Anda. Jadi, Anda perlu memilih oil pastel yang tidak menghasilkan debu saat digoreskan.

  • Mudah dibersihkan

Beberapa oil pastel juga memiliki nilai tambah dengan produk yang mudah dibersihkan. Jadi, Anda tak perlu khawatir si kecil mengotori tangan ataupun bajunya.

Nah, demikianlah informasi yang dapat kami bagikan mengenai cara menggunakan crayon oil pastel yang benar dan aman untuk anak-anak dari berbagai merk. Sekian informasi dari kami.

Sumber:

UPDATE TERBARU