Friday 20th of September 2024

Huruf Pegon Arab A-Z Lengkap Beserta Cara Bacanya Yang Wajib Kamu Pelajari, Catat Biar Nggak Lupa

×

Huruf Pegon Arab A-Z Lengkap Beserta Cara Bacanya Yang Wajib Kamu Pelajari, Catat Biar Nggak Lupa

--

Dari penelitian para ahli Paleografi, Huruf Jawi atau Arab Melayu sudah dikenalkan sejak abad ke-11 Masehi. Sementara, Huruf Pegon sendiri belum ada data pasti kapan mulai berkembang di Tanah Jawa.

Fungsi Huruf Pegon

- Penulisan teks keagamaan


Tidak dapat dipungkiri, pengembangan Huruf Pegon sangat erat kaitannya dengan kegiatan dakwah Islam. Salah satu karya yang menggunakan Huruf Pegon adalah kitab Tasyrihah al Muhtaj yang ditulis pada tahun 1900 Masehi.

- Penulisan teks sastra

Beberapa karya sastra yang dituliskan dengan Huruf Pegon, antara lain Layang Carios Samud Kagungan Kraton Kacirebonan, Carub Kandha Carang Status, Waosan Bujang Genjong, dan sebagainya.

- Penulisan surat menyurat

Surat-surat yang ditulis dengan Huruf Pegon mencakup surat pribadi maupun dokumen resmi kerajaan. Salah satunya terdapat dalam surat Pangeran Aria Cirebon kepada Gubernur Jenderal Belanda yang berkuasa di Batavia.

- Penulisan Mantra

Huruf Pegon juga digunakan untuk kepentingan yang berkaitan dengan mistik seperti mantra, rajah, primbon, dan sebagainya. Salah satu karya dalam hal ini adalah Kitab Tetamba yang ditulis sekitar abad ke-19 dan memiliki tebal 177 halaman.

Huruf  pegon atau biasa dikenal dengan sebutan pego asalnya adalah huruf hijaiyah, namun dikemudian hari huruf pegon itu disesuaikan kedalam bahasa Indonesia-jawa, huruf pegon terdapat dilingkungan pondok pesantren guna memudahkan penulisan kitab kuning.

Baca juga: Contoh Tulisan Tegak Bersambung yang Benar, Pelajari Tiap Hurufnya Disini!

Baca juga: Download Kumpulan Soal Materi Makharijul Huruf, Disertai dengan Kunci Jawaban Lengkap

Baca juga: Contoh Soal Materi Makhorijul Huruf, Tempat Keluarnya Huruf-huruf Hijaiyah

Huruf Pegon Arab

-Huruf Vokal-

Huruf Vokal adalah huruf hidup, dalam  penulisan bahasa Indonesia ada 5, yaitu A-I-U-E-0, sedangkan dalam penulisan pegon  hanya ada 4, untuk lebih jelasnya lihat bawah ini

Vokal Indonesia

Vokal Pegon

A

ا

I


ي

U

و

E

~ (Di Baca Pepet)

O

و

-Huruf Konsonan –

Huruf selanjutnya adalah huruf konsonan, huruf konsonan adalah huruf mati, dalam penulisan pegon huruf konsonan terdapat 20, coba perhatikan tabel dibawah ini

Konsonan Indonesia

Konsonan Pegon

B

ب

C

ج

D

د

F

ف

G

ك

H

ه

J

ج

K

ك

L

ل

M

م

M

م

P

ف

Q

ق

R

ر

S

س

T

ت

V

ف

W

و

Y

ي

Z

ز

- Huruf  Vokal Rangkap-

Huruf vokal rangkap adalah 2 huruf vokal yang bergabung dalam satu kalimat, seperti contoh pakai, danau, dan vocal rangkap lainnya. 
Kaidah huruf vocal rangkap dalam penulisan huruf pegon juga sama dengan kaidah vocal rangkap bahasa Indonesia, seperti contoh

Vokal Rangkap Indonesia

Huruf Vokal

Vokal Rangkap Pegon

Pakai

ا+ي

فاكاي

Danau

ا+و

داناو

Pantai

ا+ي

فانتاي

Sumber:

UPDATE TERBARU