Monday 9th of September 2024

Fakta Unik Dari Jerapah Si Leher Panjang yang Ternyata Memiliki Jumlah Tulang Sama Dengan Manusia

×

Fakta Unik Dari Jerapah Si Leher Panjang yang Ternyata Memiliki Jumlah Tulang Sama Dengan Manusia

--

Akan tetapi tentu saja yang berbeda adalah ukurannya. Panjang satu tulang leher gajah dapat mencapai 25 cm. Sementara ketujuh tulang leher manusia jika dijumlahkan panjangnya tidak mencapai panjang satu tulang leher jerapah.

2. Organ Tubuh Jerapah


Organ-organ lain pada jerapah harus menopang panjangnya leher hewan ini. Misalnya saja, jantung jerapah harus memiliki kekuatan yang besar untuk bisa memompa darah naik sejauh lebih dari lima meter ke kepala dan otak mereka. Hal tersebut membuat jerapah memiliki tekanan darah paling tinggi jika dibandingkan dengan hewan-hewan lainnya.

Pembuluh darah pada leher jerapah dilengkapi oleh katup-katup. Katup tersebut berfungsi sebagai penahan darah agar tidak jatuh kembali ke jantung ketika sedang dipompakan ke kepala akibat adanya gaya gravitasi. Jerapah juga memiliki konsentrasi sel darah merah yang cukup tinggi, jantung yang lebih besar, dan kulit yang lebih tipis, terutama di bagian kaki, yang membuat sirkulasi darah menjadi lebih mudah.

Baca juga: Rekomendasi Hewan Reptil yang Bisa Dipelihara Sendiri di Rumah dan Aman Untuk Keluarga

Baca juga: Nonton Drama My Pet My Angel (2023) SUB INDO Full Episode 1-20: Kisah Asmara dan Persahabatan Dokter Hewan yang Penuh Cerita

Baca juga: Nonton Drama Behind Your Touch (2023) Episode 1 Sub Indo, Ye Boon Mulai Melakukan Pemeriksaan pada Hewan-hewan

Mengapa jerapah memiliki leher panjang?

Salah satu teori yang menjelaskan tentang panjangnya leher jerapah adalah leher tersebut membantu jerapah untuk memakan daun-daun yang terletak cukup tinggi di atas pohon. Namun teori ini masih belum jelas kebenarannya.

Jerapah suka memakan daun-daun pada pohon akasia yang tingginya mencapai enam meter. Namun akasia bukanlah satu-satunya tumbuhan yang dimakan oleh jerapah. Jerapah juga suka melebarkan kakinya dan membuat tubuhnya menjadi lebih rendah. Dengan begitu, jerapah dapat memakan rumput-rumputan atau daun-daun yang terletak lebih rendah, seperti pada semak-semak.

Teori lainnya yang juga muncul adalah leher yang panjang digunakan jerapah jantan untuk menarik perhatian jerapah betina pada musim kawin. Secara umum, jerapah betina memiliki leher yang lebih pendek dari pada jerapah jantan.

Saat musim kawin tiba, jerapah jantan akan mengadu dan menggosok-gosokan lehernya ke leher jerapah jantan lainnya. Aktivitas ini dilakukan untuk menarik perhatian jerapah betina. Jerapah jantan yang memiliki leher paling panjang dan kuat berhak mendapatkan jerapah betina tersebut.

Bagaimana, menarik sekali bukan? Sekian informasi kali ini yang memberikan update seputar fakta unik jerapah yang mungkin belum banyak diketahui. Semoga bisa menjawab pertanyaan kamu, ya!

Sumber:

UPDATE TERBARU