Friday 20th of September 2024

Resep Kolak Pisang 50 Porsi Gurih Lezat, Bisa Buat Ide Jualan!

×

Resep Kolak Pisang 50 Porsi Gurih Lezat, Bisa Buat Ide Jualan!

--

Cara Memasak:

  1. Pertama-tama, rebus pisang dalam air mendidih hingga setengah matang. Pisahkan pisang dari airnya dan sisihkan.


  2. Siapkan panci besar atau wajan yang cukup besar untuk menampung semua bahan. Tuangkan santan kental ke dalam panci dan panaskan dengan api sedang hingga mendidih. Aduk terus agar santan tidak pecah.

  3. Setelah santan mendidih, tambahkan gula merah sisir, gula pasir, daun pandan, lengkuas yang telah dimarkan, dan garam. Aduk rata hingga gula larut dalam santan. Anda juga bisa menambahkan vanili untuk aroma tambahan jika diinginkan.

  4. Setelah bumbu-bumbu larut dalam santan dan campuran mendidih lagi, tambahkan potongan pisang yang sudah direbus tadi. Masak kolak dengan api kecil hingga pisang empuk dan bumbu meresap ke dalamnya. Aduk sesekali agar tidak gosong dan kolak tidak lengket di dasar panci.

  5. Periksa rasa kolak pisang Anda. Jika Anda menginginkan rasa yang lebih manis, tambahkan gula pasir secukupnya. Jika terlalu manis, tambahkan sedikit air santan untuk menyeimbangkan rasanya.

  6. Biarkan kolak pisang mendidih dengan api kecil selama sekitar 30-45 menit atau hingga kolak mengental dan bumbu meresap ke dalam pisang.

  7. Setelah kolak pisang matang dan bumbunya meresap, matikan api dan biarkan kolak dingin sebentar sebelum disajikan.

  8. Kolak Pisang siap disajikan. Anda dapat menyajikannya dalam mangkuk-mangkuk kecil sebagai hidangan penutup atau makanan ringan. Jika Anda suka, tambahkan es batu untuk sensasi lebih segar.

Baca juga: Resep Kuah Bakso untuk 50 Porsi Paling Nikmat, Ternyata Ini Bumbu Rahasianya!

Baca juga: 1 Bungkus Bihun Jagung Bisa Untuk Berapa Porsi Dalam Sekali Masak, Begini Cara Membaginya

Baca juga: 1 Kg Bihun Untuk Berapa Porsi Lengkap Dengan Resep dan Cara Masaknya yang Enak Serta Gampang

Sumber:

UPDATE TERBARU