Tuesday 17th of September 2024

Sandi Kotak 3 Dengan Penggunaannya, Lebih Rumit Dari Sandi Kotak 1 dan 2

×

Sandi Kotak 3 Dengan Penggunaannya, Lebih Rumit Dari Sandi Kotak 1 dan 2

--

Dalam pramuka dikenal banyak sandi. Sandi ini berguna untuk berkomunikasi jarak jauh maupun menyampaikan pesan yang sifatnya rahasia. Sandi pramuka digunakan untuk seluruh jenjang pendidikan, baik pramuka siaga, penggalang, penegak, maupun pandega.

Contoh Sandi Kotak 3 Pramuka

Dibandingkan dengan sandi kotak 1 dan 2, sandi kotak 3 memiliki tingkat kerumitan yang lebih tinggi. Ini disebabkan karena kamu perlu benar-benar mengingat posisi setiap huruf, berbeda dengan sandi kotak 1 dan 2 yang memiliki susunan huruf yang lebih intuitif dan mudah ditebak.


Secara spesifik, sandi kotak 3 merupakan kombinasi dari kotak vertikal-horizontal dan kotak berbentuk belah ketupat. Huruf-hurufnya tersebar di berbagai posisi, ditambah dengan titik pada beberapa huruf.

Sebagai contoh, huruf 'a' ditempatkan di tengah kotak, sedangkan huruf 'b' ditempatkan di posisi yang sama namun dengan tambahan titik di tengah. Sementara itu, huruf lain seperti 'n' memiliki posisi yang lebih kompleks, berada di tepi antara garis belah ketupat dan vertikal-horizontal dengan tambahan titik. Jadi, untuk menggambar huruf 'n', kamu harus membuat garis siku-siku dengan sebuah titik di tengahnya.

Baca juga: Link Download 20 Lagu Terpopuler Elvy Sukaesih Full Album Mp3 GRATIS, Cocok Banget Buat Nostalgia

Baca juga: Rundown Acara Seminar Pendidikan Beserta Teks MC, Bisa Jadi Referensi untuk Acara Lebih Meriah!

Baca juga: Nama-nama Atribut Pramuka Siaga Putri SD/MI, Yuk Ketahui Supaya Tidak Salah!

Contoh penggunaan sandi kotak 3

Soal di atas adalah mengubah kata “CINTA PRAMUKA” ke dalam sandi kotak 3, dan hasilnya seperti yang terlihat pada gambar.

Nah, itu dia pembahasan sekilas mengenai contoh sandi kotak 3. Semoga bermanfaat.

 

Sumber:

UPDATE TERBARU