Tuesday 17th of September 2024

Sandi Kotak 2 Dalam Pramuka, Kunci Hingga Cara Menyelesaikan Soalnya

×

Sandi Kotak 2 Dalam Pramuka, Kunci Hingga Cara Menyelesaikan Soalnya

--

Dalam pramuka dikenal banyak sandi. Sandi ini berguna untuk berkomunikasi jarak jauh maupun menyampaikan pesan yang sifatnya rahasia. Sandi pramuka digunakan untuk seluruh jenjang pendidikan, baik pramuka siaga, penggalang, penegak, maupun pandega.

Contoh Sandi Kotak 2 Pramuka

Sandi kotak 2 memiliki dasar yang mirip dengan sandi kotak 1. Pada sandi kotak 1, setiap kotak memiliki dua huruf yang ditemani titik, sementara sandi kotak 2 menampilkan tiga huruf dalam satu kotak vertikal-horizontal di mana pada huruf kedua dari setiap kotak diberikan satu titik, dan huruf ketiga dari setiap kotak diberikan dua titik.


Berbeda dengan sandi kotak 1 yang memiliki dua jenis kotak (vertikal-horizontal dan menyilang), sandi kotak 2 hanya memiliki satu jenis kotak, yaitu vertikal-horizontal. Di dalam kotak ini, ada sembilan segmen dengan tiga huruf di masing-masingnya: Abc, def, ghi, jkl, mno, pqr, stu, vwx, dan yz.

Baca juga: Link Download 20 Lagu Terpopuler Elvy Sukaesih Full Album Mp3 GRATIS, Cocok Banget Buat Nostalgia

Baca juga: Contoh Susunan Acara Seminar Formal Menarik, Mulai Pembukaan Hingga Penutupan!

Baca juga: Contoh Jargon Pramuka Semangat Untuk Kaum-Kaum Mageran Dijamin Manjur Nih, Cobain Deh

Cara menggunakannya mirip dengan sandi kotak 1. Di sandi kotak 2, kamu hanya perlu menciptakan simbol sesuai posisi huruf di kotak. Jika kamu menulis huruf kedua dalam sebuah kotak, tambahkan satu titik. Jika itu huruf ketiga, tambahkan dua titik. Sebagai contoh, untuk huruf a, kamu cukup menggambar bentuk siku-siku. Sedangkan untuk huruf b, tambahkan satu titik pada bentuk siku-siku, dan untuk huruf c, tambahkan dua titik di dalam bentuk tersebut.

Contoh soalnya seperti berikut.

Soal di atas adalah mengubah kata “PRAMUKA” ke dalam sandi kotak 2, dan hasilnya seperti yang terlihat pada gambar.

Nah, itu dia pembahasan sekilas mengenai sandi ktoak 2 dalam pramuka. Semoga bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU