Sunday 8th of September 2024

Skema Mesin Cuci 2 Tabung Terbaru Lengkap Dengan Cara Kerjanya yang Wajib Kamu Tahu

×

Skema Mesin Cuci 2 Tabung Terbaru Lengkap Dengan Cara Kerjanya yang Wajib Kamu Tahu

--

2. Timer

Timer bekerja sebagai saklar waktu mesin cuci. Terdapat dua timer pada mesin cuci manual yaitu timer pengering, dan timer pencuci. Timer pencuci di desain lebih rumit karena selain mengatur waktu, timer ini juga mengatur agar dinamo bisa berputar 2 arah. : Mengenal Timer mesin cuci


3. Gear Box

Ini menjadi sebuah komponen yang berfungsi untuk memindahkan energi putaran dari motor listrik ke bagian tabung pencuci. Dengan adanya gearbox, dapat meringankan kinerja dari dinamo.

Baca juga: Daftar Harga Mesin Cuci Sharp 2 Tabung Bisa Dapat Mulai Dari Rp 1 Jutaan Aja Sudah Bergaransi

Baca juga: Tutorial Melepas Baut Pulsator Mesin Cuci yang Susah dan Berkarat, Langsung Coba 100% Work!

Baca juga: Cara Mengganti Gear Pulsator Mesin Cuci Top Loading, Para Pemula Juga Bisa Nih!

Cara Kerja Mesin cuci 2 Tabung

1. Tabung Pencuci

Pertama adalah memasukan baju ke dalam tabung pencuci kemudian di isi deterjen dan nyalakan mesin pencuci dengan memutar timer. Maka mesin cuci akan mencuci baju yang ada di dalam tabung tersebut. Lama pencucian baju sesuai dengan waktu yang sudah di terapkan pada timer sebelumnya.

2. Tabung Pengering

Setelah baju di cuci kemudian di bilas pada tabung pencuci, baju kemudian di masukan ke dalam mesin pengering untuk selanjutnya di keringkan. Pengering akan bekerja saat timer pengering di hidupkan.

Jangan lupa saat proses pengeringan tuas pembuangan air dibuka agar air keluar.

Skema Mesin Cuci 2 Tabung


Keterangan :

Arus Netral dari Steker => Stop Kontak => Arus PLN diteruskan langsung ke Dinamo pencuci dan pengering. Arus netral pada gambar ditandai dengan garis biru.

Arus Fasa langsung menuju timer pencuci dan pengering. Sebelum timer pengering, dihubungkan dulu ke sakar pintu untuk keamanan. Kapasitor mesin cuci memang sering dijadikan satu. Maksudnya, meskipun 1 kapasitor, namun didalamnya memiliki dua kapasitor yang terpisah. Makanya pada kapasitor mesin cuci akan ada 4 kabel keluaran.

2 kabel keluaran untuk dinamo pencuci dan 2 kabel keluaran untuk kabel pengering. Kabel untuk ke dinamo biasanya memiliki ukuran yang lebih panjang. sedangkan yang untuk rotary lebih pendek karena memang jaraknya yang dekat.

Sekian ringkasan informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini yang membahas mengenai skema mesin cuci 2 tabung terbaru lengkap dengan cara kerjanya yang wajib kamu tahu. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat ya.

Sumber:

UPDATE TERBARU