Friday 20th of September 2024

Acara Ngunduh Mantu Adalah? Berikut Panduan Prosesi dan Contoh Susunan Acara yang Umum Dilakukan

×

Acara Ngunduh Mantu Adalah? Berikut Panduan Prosesi dan Contoh Susunan Acara yang Umum Dilakukan

--

Baca juga: Nonton Drama China Bright Eyes in the Dark Episode 23-24 Sub Indo Telat Bayar Listrik, Bikin Moment Berduaan Gagal Romantis

Baca juga: Link Nonton Drama China Love Strikes Back (2023) SUB INDO Full Episode 1-22, Jatuh Cinta Dengan Bodyguard Karena Dendam Diselingkuhi


Baca juga: Tips dan Trik Memilih Warna Lipstik Wardah Colorfit Ultralight Matte Buat Kulit Sawo Matang, Tampilan Jadi Makin Segar dan Menarik

3. Pemberian air suci

Kedua mempelai pengantin kemudian akan diberi gelas berisi air bening. Lalu diminumkan oleh orang tua dari mempelai pria. Air bening tersebut merupakan simbol harapan. Agar rumah tangga dari kedua pengantin selalu diberikan kedamaian dan ketentraman dalam rumah tangganya. 

4. Sindur binayang

Acara selanjutnya yakni keluarga mempelai pria menyambut kedatangan rombongan keluarga besan. Serta pasangan pengantin dengan membawakan seperangkat benda sebagai seserahan.

5. Sungkeman 

Prosesi acara ngunduh mantu akan dilanjutkan dengan kegiatan sungkeman. Prosesi ini dilakukan pasangan pengantin untuk menunjukkan rasa syukur mereka kepada kedua pihak orang tua.

6. Ramah tamah dan doa bersama 

Acara ngunduh mantu ditutup dengan doa bersama, ramah tamah, jamuan makan dan juga foto bersama pengantin. Doa penutup akan dipimpin oleh perwakilan dari keluarga pria. 

Nah, itulah informasi mengenai susunan acara ngunduh mantu yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan lancar selalu!

Sumber:

UPDATE TERBARU