Thursday 19th of September 2024

Susunan Acara Pameran Lengkap Dengan Tugas dan Tanggung Jawab Panitia Pada Setiap Posisi

×

Susunan Acara Pameran Lengkap Dengan Tugas dan Tanggung Jawab Panitia Pada Setiap Posisi

--

  1. Sekretaris dan Seksi Kesekretariatan

Sekretaris memiliki tugas yang sangat penting yaitu membuat surat perizinan, undangan, notulen rapat, dan kegiatan surat menyurat lainnya. Sekretaris juga biasanya bertanggung jawab untuk menyusun agenda rapat hingga acara selesai.

  1. Bendahara

Bendahara memiliki tugas untuk mengatur urusan keuangan dan mencari sponsor agar pameran dapat terus berjalan. Selain itu, pada akhir periode acara, bendahara juga harus membuat laporan pertanggungjawaban atas pengelolaan keuangan.

  1. Publikasi dan Dokumentasi

Seksi ini bertugas untuk memberikan informasi kepada khalayak mulai dari pra-acara hingga pameran diselenggarakan. Orang-orang yang ada di dalamnya harus mampu mendokumentasikan dengan hasil yang menarik dan mengerti penggunaan media sosial.

  1. Dekorasi

Seksi ini bertugas untuk mengatur tata ruang pameran nantinya. Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam mengatur tata letak adalah efisiensi ruangan dan memastikan pengunjung tidak kebingungan. Seksi ini juga harus mengatur dekorasi set panggung.

  1. Humas

Humas merupakan bagian yang akan menjadi narahubung dengan pihak eksternal. Peran humas dalam suatu acara adalah mempromosikannya terhadap stakeholder, menjalin media partner, dan menciptakan citra positif ke khalayak.

  1. Seksi perlengkapan

Seksi ini bertugas menyiapkan segala macam perlengkapan yang sekiranya dibutuhkan selama acara berlangsung. Nantinya, seksi ini akan sering berkomunikasi dengan tim dekorasi untuk menyiapkan dekorasi.

  1. Keamanan

Keamanan bertanggung jawab agar acara berlangsung dengan kondusif. Seksi ini juga harus memastikan kenyamanan pengunjung dan memantau keadaan selama acara berlangsung.

  1. Konsumsi

Seksi ini harus memastikan kesediaan makanan dan minuman untuk pengisi acara, panitia, maupun pengunjung. Nantinya dana konsumsi akan diberikan oleh bendahara sehingga kedua pihak ini harus terus berkoordinasi.

Baca juga: Link Download Rundown Acara Tedak Siten DOC Terbaru, Bikin Skema Acara Makin Sistematis

Baca juga: Contoh Susunan Acara Pelantikan dan Teks MC-nya yang Baik dan Mudah Untuk Dihafalkan

Baca juga: Susunan Acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Anggota yang Runtut Untuk Acara Formal

Susunan Acara Pameran

Dikutip dari buku Melirik Bisnis Usaha Perjalanan: Lengkap dengan Contoh Pembuatan Program Perjalanan yang disusun oleh Daliansyah (2021:143), berikut adalah contoh susunan acara pembukaan kegiatan seminar.

  • Pembukaan.
  • Menyanyikan lagu Indonesia Raya.
  • Pembacaan doa.
  • Tarian Persembahan.
  • Sambutan Ketua Pelaksana.
  • Sambutan Kepala Dinas atau yang membuka acara.
  • Penutup.

Itu dia informasi mengenai susunan acara pameran lengkap dengan tugas dan tanggung jawab panitia pada setiap posisi yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan lancar selalu!

Sumber:

UPDATE TERBARU