Wednesday 25th of September 2024

Penyebab Muka Tidak Simetris, Jauhi 10 Hal Ini Biar Wajah Tidak Cepat Aging

×

Penyebab Muka Tidak Simetris, Jauhi 10 Hal Ini Biar Wajah Tidak Cepat Aging

--

Sebenarnya wajah asimetris karena genetik atau faktor penuaan tidak perlu diberikan perawatan tertentu. Akan tetapi, beberapa orang mungkin merasa tidak percaya diri sehingga mencari cara agar muka simetris. Sayangnya, tidak ada cara memperbaiki wajah asimetris secara alami.

Penyebab wajah tidak simetris

1. Faktor keturunan.


Kalau anggota keluarga memiliki wajah tidak simetris, kemungkinan besar garis keturunannya akan memilikinya. Berdasarkan Dental Press Journal Of Orthodontics, gangguan langi-langit pada bibir atau bibir sumbing juga memengaruhi simetri wajah.

2. Penuaan wajah.

Dengan bertambahnya usia, tingkat asimetris pada wajah akan meningkat. Hal ini menjadi bagian alami dari proses penuaan. Meskipun tulang berhenti tumbuh pada masa pubertas, pada bagian tulang rawan akan terus berkembang.

3. Paparan sinar matahari.

Sinar matahari yang berlebihan juga dapat mengakibatkan wajah menjadi tidak simetris. Paparan dari sinar matahari dapat menyebabkan bintik-bintik, bercak, dan tahi lalat yang berkembang pada kulit.

4. Merokok.

Hal ini dijelaskan dalam jurnal Plastic and Reconstructive Surgery. Untuk mencegah hal tersebut kamu dapat mengurangi kebiasaan merokok.

5. Cedera.

Trauma atau cedera pada area wajah dapat menyebabkan wajah menjadi tidak simetris. Contohnya adalah patah hidung atau luka bagian dalam akibat kecelakaan dapat membuat wajah menjadi asimetris.

6. Posisi tidur.

Tidur dengan menyilangkan kaki ke arah yang sama dalam jangka waktu lama serta memiliki postur tubuh yang buruk juga dapat berkontribusi pada wajah simetri. Karena itu, pastikan posisi tidur kamu dalam keadaan benar agar tidak memengaruhi simetri wajah.

7. Struktur gigi berubah.

Veneer gigi atau menggunakan gigi palsu atau bahkan sampai mencabut gigi dapat mengubah kontur wajah dan hasilnya mengakibatkan wajah menjadi asimetris.

Baca juga: Cara Memilih Air Mawar yang Berkualitas Bagus, Untuk Wajah Glowing Jangan Asal-asalan!

Baca juga: Bedak Wardah Luminous Two Way Cake Aman Untuk Wajah Berjerawat? Perhatikan Hal Penting Berikut!

Baca juga: Kelebihan Pakai Green Mask Stick Meidian Untuk Masker Wajah, Ternyata Sangat Bermanfaat Untuk Wajah Makin Kinclong!

8. Stroke.

Saat aliran darah ke otak berkurang dan menyebabkan kelumpuhan atau stroke, ini menjadikan wajah asimetris. Kamu tersenyum menjadi tidak rata dan mengalami mati rasa pada salah satu sisi wajah, sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter.

9. Tortikolis.

Ini merupakan kondisi kepala terlihat miring karena kondisi otot leher yang tidak normal. Tortikolis juga kadang terjadi di dalam rahim yang menyebabkan wajah menjadi tidak simetris pada bayi yang baru lahir. Beberapa dari kasus tortikolis bersifat sementara, tanda-tandanya akan hilang seiring berjalan waktu.

10. Bell's palsy

Bell's palsy sendiri adalah kelumpuhan pada saraf wajah yang menyebabkan kelemahan tiba-tiba pada otot di satu sisi wajah. Belum diketahui penyebab pasti dari bell's palsy. Namun ini berkaitan dengan komplikasi infeksi virus, trauma, atau kerusakan saraf.

Bagaimana menarik sekali bukan? Sekarang kamu sudah tahu, jadi hindari sebisa mungkin, ya! Sekian ringkasan informasi yang dapat kami sampaikan tentang penyebab muka tidak simetris semoga bermanfaat!

Sumber:

UPDATE TERBARU