Friday 20th of September 2024

Jadwal Peringatan Hari Jadi Tuban ke 730 Tahun 2023 Dimeriahkan Dengan Berbagai Acara Pesta Rakyat

×

Jadwal Peringatan Hari Jadi Tuban ke 730 Tahun 2023 Dimeriahkan Dengan Berbagai Acara Pesta Rakyat

--

Peringatan Budaya Tuban

Berdasarkan legenda, ada tiga asal usul nama Tuban.

1. Tuban berasal dari istilah "Watu Tiban"


Waktu itu pusaka kerajaan Majapahit yang berbentuk batu, dibawa ke Demak oleh sepasang Burung Bangau. Sesampainya di suatu daerah batu pusaka tersebut jatuh. Tempat dimana benda pusaka jatuh diberi nama Tuban.

2. Tuban berasal dari istilah "Metu Banyune"

Raden Dandang Wacana (Bupati Tuban pertama) menerima petunjuk membuka hutan Papringan untuk dijadikan pusat pemerintahan (Sekarang Bektiharjo). Waktu membuka hutan keluarlah sumber air, yang dalam bahasa Jawa Me "Tu" "Ban" yune.

3. Tuban berasal dari istilah "Ngetuake Kewajiban"

Menurut kebiasaan sehari-hari masyarakat Tuban, mudah diarahkan melaksanakan suatu tugas dan kewajiban. Dalam bahasa Jawa adalah Nges"tu" ake kewaji "ban".

4. Etimologi

Dalam bahasa Jawa Kawi, Tuban berarti Jeram. Sedangkan dalam Sastra Jawa Indonesia, berarti air lata atau air terjun. Sekarang tempat yang ada air terjunnya mengerucut pada tiga tempat, air terjun Nglirip di Kecamatan Singgahan, air terjun Banyulangse di Kecamatan Semanding, dan air terjun Ngerong di Kecamatan Rengel.

5. Menurut Para Ahli

Para ahli berpendapat, dimana Tuban berasal dari kata Tubo. Tubo merupakan sejenis tanaman yang dapat dibuat racun. Di sebelah barat Kota Tuban terdapat Kecamatan Jenu. Tubo dan Jenu memiliki kesamaan arti.

Baca juga: Contoh Teks MC Acara LDK OSIS, Link Download Format PDF Gratis Klik Disini

Baca juga: Download Contoh Rundown Acara LDK OSIS, Tinggal Edit dan Langsung Print!

Baca juga: Susunan Acara Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS 2023, Mulai Pembukaan hingga Evaluasi Kegiatan

Jadwal Peringatan Hari Jadi Tuban ke 730 Tahun 2023

Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE bertindak sebagai inspektur upacara yang dihadiri juga oleh Wakil Bupati Tuban Riyadi, Forkopimda, Anggota DPRD Tuban, Kepala OPD, Camat, instansi vertikal, perusahaan, perbankan, ketua parpol dan tokoh masyarakat.

Sebagai peserta upacara di antaranya TNI, Polri, pegawai Pemkab, PGRI, mahasiswa, organisasi pemuda dan pelajar. Dalam kesempatan tersebut, Mas Bupati menyampaikan, dua tahun terakhir menjadi waktu muhasabah atau refleksi bagi semua orang. 

Lebih jauh Mas Bupati menjelaskan, bekerjasama dengan semua pihak untuk saling bertukar perspektif, sehingga membuka wawasan baru, ide kreatif baru, dan memunculkan inovasi yang out of the box, sehingga melahirkan sebuah karya yang mengagumkan.

“Kerja sama yang harmonis, yang dapat bermain merdu seperti orkestra. Tidak ada porsi yang lebih kecil atau lebih besar, semua memiliki tanggung jawab sama dalam menjalankan tugas sebagai sebuah tim,” terangnya.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai jadwal peringatan Hari Jadi Tuban ke 730 Tahun 2023 yang bisa kami sampaikan. Kami harap semoga bermanfaat! Terimakasih sudah membaca artikel kali ini.

Sumber:

UPDATE TERBARU