Thursday 24th of October 2024
×

Mengenal Falsafah PSHT, Ajaran Utama yang Jadi Pedoman Para Anggota

Mengenal Falsafah PSHT, Ajaran Utama yang Jadi Pedoman Para Anggota

--

Untuk menambah informasi, PSHT adalah sebuah organisasi pencak silat yang tergabung dan salah satu yang turut mendirikan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) pada tanggal 18 Mei 1948 silam.

Baca juga: Arti Kata Chawnima Lee yang Dipopulerkan Tiktokers Hansen Vendi Agus, Bahasa Gaul Viral di Tiktok!


Baca juga: Chu Feng Dapat Serangan Mendadak! Link Nonton Donghua Martial God Asura Episode 6 Sub Indo dan Jadwal Tayangnya

Baca juga: Arti dan Makna Lagu Rumpang - Nadin Amizah, Anak Senja Merapat

Arti Falsafah PSHT Adalah?

Melansir dari berbagai sumber, falsafah dan ajaran yang utama dari PSHT adalah manusia dapat dihancurkan, manusia dapat dimatikan (dibunuh) tetapi manusia tidak dapat dikalahkan selama manusia itu setia pada hatinya sendiri atau ber-SH pada diri sendiri.

Tidak ada kekuatan apapun di atas manusia yang bisa mengalahkan manusia kecuali kecuali kekuatan Tuhan Yang Maha Esa. Ajaran tersebut telah menjadi keyakinan kuat bagi semua warga PSHT sehingga menjadi kekuatan tersendiri bagi anggota atau warga secara pribadi maupun persaudaraan.

Sebagai salah satu seni bela diri yang berasal dari timur, PSHT bertujuan membantu anggotanya untuk mengmbangkan karakter jujur, menjaga keseimbangan fisik, mental/kecerdasan, emosi, sosial, dan spiritual.

Dilansir dari buku Setia Hati The Way of My Life oleh Bambang Sri Hartono dan Dr. Taufiqur Rohman, salah satu falsafah PSHT yang selalu ditanamkan pada diri anggotanya adalah “Memayu hayuning bawana, ambrasta dur hangkara”.

Sumber:

UPDATE TERBARU