Thursday 24th of October 2024
×

Mengenal Gelas Pengesahan PSHT, Ternyata Miliki Konsteks Budaya dan Filosofi yang Mendalam

Mengenal Gelas Pengesahan PSHT, Ternyata Miliki Konsteks Budaya dan Filosofi yang Mendalam

--

Untuk menambah informasi, PSHT adalah sebuah organisasi pencak silat yang tergabung dan salah satu yang turut mendirikan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) pada tanggal 18 Mei 1948 silam.

Baca juga: Cara Membedakan Rinso Matic Professional dan Rinso Biasa, Mana yang Paling Terbaik?


Baca juga: Daftar Cafe Aesthetic di Tegal yang Cocok untuk Nongkrong, Banyak Spot Foto Instagramable!

Baca juga: Lowongan Kerja PT KAI Untuk Fresh Graduate, Dibuka sampai pada 21 Oktober 2023 Begini Syaratnya

Tentang Gelas Pengesahan PSHT

Melansir dari berbagai sumber, gelas pengesahan PSHT merupakan sebuah wadah khusus yang digunakan dalam Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) untuk menyimpan air putih dalam proses pengesahan anggota baru. Gelas ini memiliki makna dan simbolik yang mendalam dalam konteks budaya dan filosofi PSHT.

Fungsi Gelas Pengesahan PSHT

Gelas Pengesahan PSHT memiliki fungsi utama sebagai wadah atau tempat untuk air putih dalam proses pengeceran anggota baru.

Pengeceran adalah proses pengisian air putih dari gelas pengesahan ke dalam gelas individu setiap calon anggota PSHT. Proses ini dilakukan pada malam Pengesahan yang jatuh pada malam 1 Sura atau 1 Muharam, menandai kelahiran PSHT.

Proses alur penggunaan air dan gelas dalam proses pengeceran tidak dapat dipaparkan secara umum, karena ini adalah bagian dari tradisi dan rahasia internal PSHT.

Sumber:

UPDATE TERBARU