Tuesday 22nd of October 2024
×

Agendakan Ijazah Kubro, Pagar Nusa Bakal Bagikan Air Asma’ Kepada Seluruh yang Hadir di Bumi Moro Surabaya

Agendakan Ijazah Kubro, Pagar Nusa Bakal Bagikan Air Asma’ Kepada Seluruh yang Hadir di Bumi Moro Surabaya

--

Peringatan Hari Santri dengan Ijazah Kubro

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah merancang sejumlah agenda untuk Hari Santri 2023. Setidaknya, rangkaian kegiatan Hari Santri 2023 dimulai sejak tanggal 14 Oktober lalu.

Sebelumnya, pada 14-22 Oktober 2023 ada kegiatan Festival Mahrojan yang mana di dalamnya ada Pameran Seni Rupa, Malam Gebyar Seni Budaya, hingga melukis bareng Gus Men dan Gus Mus yang dilaksaakan di Kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah.


Tak hanya itu, ada juga kegiatan Kemandirian Pesantren expo yang mana di dalamnya melibatkan 300 peserta yang terdiri dari pengasuh dan pimpinan pondok pesantren. Lalu, puncak Hari Santri 2023 digelar hari ini, Minggu.

Baca juga: Viral! Kisah Hantu Noni Belanda Ganggui Pendaki Gunung Argopuro, Wajah Hancur dan Cium Aroma Darah

Baca juga: Bikin Merinding! Pendaki Gunung Argopuro Diganggu Hantu Noni Belanda Hingga Ditunggu di Depan Tenda

Bagi-Bagi Air Asma'

Salah satu fasilitas yang akan didapatkan oleh para pendekar Pagar Nusa yang hadir dalam Ijazah Kubro dan Pengukuhan Pimpinan Pusat Pagar Nusa ialah akan dibagikan Air Asma’ yang dinamai Maul Kubro atau Tirto Perwitosari.

Pengumpulan air tersebut melalui proses yang panjang, Tim khusus dari Pimpinan Pusat Pagar Nusa berkeliling ke pelosok Nusantara untuk mengumpulkan air dari sumber mata air para wali. Air Asma’ ini nantinya dapat di minum oleh seluruh peserta Ijazah Kubro dan Pengukuhan PP Pagarnusa 2023.

“Kami mengambil air dari sumber mata air para wali yang tersebar di seluruh penjuru nusantara bahkan kami mengambil sari dari mata air yang memiliki sejarah perjalanan peradaban bangsa kita, kami kumpulkan menjadi satu dan menamainya Maul kubro kita juga kerap menyebut ini Tirto Perwitosari,” demikian dikutip dari Instagram Pimpinan Pusat Pagar Nusa @pagarnusa.or.id. 

Air tersebut yang diambil dari berbagai sumber mata air para wali dihaturkan kepada para Kiai, Habaib dan para guru untuk mendapatkan keberkahan. Para peserta nantinya dapat meminumnya saat pelaksanaan Ijazah Kubro 22 Oktober 2023.

Baca juga: Kisah Misteri Hantu Air: Urban Legend Fenomenal yang Ada di Berbagai Daerah Indonesia, Ini Tanda Kemunculannya

Baca juga: Jang-Hyun Bertemu Dengan Yoo Gil-Chae, Nonton Drama Korea My Dearest Part 2 (2023) Episode 4 Sub Indo

Puncak Hari Santri 2023

Dalam apel puncak ini, terdapat sejumlah undangan seperti wakil presiden, sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Maju, sejumlah duta besar negara tetangga, jaksa agung, Kapolri, pimpinan TNI hingga tokoh lainnya.

Presiden Jokowi dijadwalkan akan hadir sebagai inspekstur upacara. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) sebagai komandan apel, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf yang membacakan resolusi jihad, dan pembacaan doa oleh Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar.

Hari dan tanggal: Minggu, 22 Oktober 2023

Waktu: Pukul 07.00 WIB
Tempat: di Tugu Pahlawan Kota Surabaya, Jawa Timur.

Ijazah Kubro dan Pengukuhan Pimpinan Pusat Pagar Nusa

Acara ini akan berlangsung di Lapangan Marinir Bumi Moro, Surabaya. Presiden Jokowi pun dikabarkan akan turut hadir.

Shalawat Perdamaian

Dalam acara ini pun akan hadir Habib Syech bin Abdul Qodir Solo.

Nah, itu dia informasi mengenai ijazah kubro dari Pagar Nusa tahun 2023 yang dapat kami sampaikan. Semoga bisa bermanfaat!

Sumber:

UPDATE TERBARU