Sunday 8th of September 2024

Video Tutorial Main Not Angka Pianika Lagu Daerah Soleram, Mudah Banget!

×

Video Tutorial Main Not Angka Pianika Lagu Daerah Soleram, Mudah Banget!

--

Lagu "Soleram" merupakan salah satu nyanyian folklor yang semula berfungsi sebagai penghantar tidur anak-anak. Dalam artikel "Aransemen Lagu Soleram oleh Josu Elberdin: Tinjauan Aransemen Paduan Suara" di Jurnal Repertoar (Vol. 1, No. 2, 2021), dijelaskan bahwa lirik lagu Soleram berisi berbagai petuah atau nasihat untuk generasi muda. Hal ini merupakan salah satu ciri khas di lagu-lagu folklor (nyanyian rakyat yang diwariskan secara lisan) di Indonesia.

Lirik lagu "Soleram" berkaitan dengan nasihat terkait pergaulan dengan sesama manusia. Liriknya menceritakan nasihat untuk menjaga kehormatan dan harga diri, mempertahankan malu sebagai budaya.


Baca juga: Banting Setir, Cimoy Montok Si TikToker Viral Kini Jualan Salad Buah, Dihujat Netizen: Melon Semangka Melon Semangka

Baca juga: Daftar 7 Lagu Viral TikTok Tahun 2023 yang Trending Jadi Langganan FYP, Cek Liriknya di Sini Biar Makin Hapal

Baca juga: Lirik dan Chord Gitar Lagu Amin Paling Serius - Nadin Amizah, Penuh Dengan Makna Tersirat

Di bait pertama "Soleram," terdapat penyampaian nasihat seorang ibu kepada anaknya agar sang anak menjaga rasa malu. Pengajaran ini penting agar kehormatan, adat istiadat, nama baik, juga syariat agama tetap terjaga.

Tutorial Main Not Angka Pianika Lagu Daerah Soleram

Pesan-pesannya seperti untuk menjaga kehormatannya, pesan untuk menjaga harga dirinya, dan pesan untuk mempertahankan malu sebagai budayanya.

Sumber:

UPDATE TERBARU