Tuesday 17th of September 2024

Pengertian Sambung PSHT adalah Begini Teknik dan Maknanya yang Wajib Jadi Pegangan Sebelum Belajar Silat

×

Pengertian Sambung PSHT adalah Begini Teknik dan Maknanya yang Wajib Jadi Pegangan Sebelum Belajar Silat

--

ASCOMAXX.com – Bela diri merupakan sebuah seni dan upaya perlindungan diri yang banyak menarik peminat. Dalam bela diri, sebuat saja PSHT memberikan ajaran sambung yang wajib jadi pegangan. Apa itu sambung? Buat yang bertanya-tanya mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini!

Pencak silat merupakan seni bela diri tradisional yang menjadi budaya di Indonesia. Sejarah mengungkapkan pencak silat pertama kali ditemukan di Provinsi Riau pada zaman Kerajaan Sriwijaya, yakni di abad ke-7.


Kata pencak silat berasal dari pencak yang berarti gerak dasar beladiri yang terikat dengan suatu peraturan dan silat yang memiliki arti sebagai gerak bela diri sempurna yang bersumber dari kerohanian.

Baca juga: Siapa Ketua Umum PSHT Saat Ini? Berikut Sekilas Profil dan Sejarah Organisasinya

Baca juga: Ketua Umum PSHT dari Masa ke Masa, Berorientasi pada Pengajaran Budi Luhur

Baca juga: Sesepuh PSHT dari Masa ke Masa, Berikut Link Download Silsilah Pimpinannya

Indonesia memiliki banyak sekali cabang olahraga salah satunya adalah pencak silat. Diketahui pula jika pencak silat sendiri memiliki berbagai cabang organisasi yang ternama di kalangan masyarakat, termasuk PSHT.

PSHT atau Persaudaraan Setia Hati Terate merupakan organisasi pencak silat lokal yang berasal dari Madiun yang telah mempunyai banyak anggota di seluruh Nusantara. Selain belajar pencak silat, para anggotanya turut dibekali dengan falsafah PSHT yang menjadi tuntunan hidup mereka.

Persaudaraan Setia Hati Terate (Setia Hati Terate atau SH Terate) merupakan sebuah organisasi olahraga yang diinisiasi oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo pada tahun 1922 silam. Organisasi tersebut kemudian disepakati namanya menjadi Persaudaraan Setia Hati Terate pada kongres pertamanya di Madiun pada tahun 1948.

Sumber:

UPDATE TERBARU