Friday 18th of October 2024
×

Rencana Pemekaran Kabupaten Limapuluh Kota Gara-Gara Beberapa Kecamatan Merasa Dianaktirikan Pemlok

Rencana Pemekaran Kabupaten Limapuluh Kota Gara-Gara Beberapa Kecamatan Merasa Dianaktirikan Pemlok

--

ASCOMAXX.com - Limapuluh Kota adalah sebuah kabupaten di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Sarilamak. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 3.354,30 km2.

Dan berpenduduk sebanyak 348.555 jiwa (Sensus Penduduk 2010). Kabupaten ini terletak di bagian timur wilayah provinsi Sumatra Barat atau 124 km dari Kota Padang, ibu kota provinsi.


Rencana Pemekaran Kabupaten Lima Puluh Kota: Aspirasi dan Harapan Warga Sumatera Barat tengah disurakan warga dan tokoh masyarakat di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk membentuk daerah otonomi baru (DOB) di wilayah tersebut. Berikut ini pembahasannya!

Baca juga: Daftar 6 Kabupaten di Muaro Jambi yang Ikut dalam Rencana Pemekaran Wilayah, Apakah Daerahmu Termasuk?

Baca juga: Rencana Pemekaran Kabupaten Muaro Jambi untuk Capai Kemajuan yang Berkelanjutan!

Baca juga: Inilah Daftar Pemekaran Wilayah Provinsi Bengkulu, Diharapkan Dapat Tingkatkan Ekonomi!

Meskipun usulan pemekaran ini telah diajukan, nama untuk kabupaten baru tersebut belum ditetapkan karena masih dalam tahap perundingan. 

Namun, 7 dari 13 kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota menyatakan kesiapannya untuk bergabung dengan kabupaten baru hasil pemekaran. Kecamatan Guguk, Bukit Barisan, Mangka, Suliki, Kapur IX, Gunung Omeh, dan Pangkalan Koto Baru siap menyongsong perubahan ini.

Salah satu hal menarik dalam rencana pemekaran ini adalah rencana lokasi ibukota baru yang direncanakan berada di Kecamatan Suliki. Keputusan ini memiliki latar belakang historis, karena Kecamatan Suliki sebelumnya pernah menjadi ibukota Kabupaten Lima Puluh Kota sebelum dipindahkan ke kawasan Sarilamak.

Sumber:

UPDATE TERBARU