Friday 18th of October 2024
×

Cara Melihat Tanggal Kadaluarsa Fanta, Coca-Cola, Hingga Sprite Kemasan Botol Maupun Kaleng Terbaru

Cara Melihat Tanggal Kadaluarsa Fanta, Coca-Cola, Hingga Sprite Kemasan Botol Maupun Kaleng Terbaru

--

Bahaya Bagi Tubuh Jika Menggunakan Produk yang Sudah Expired

1. Jenis Kode Expired Date

Jika produk makanan Anda lewat dari tanggal 'best before' maka jangan langsung dibuang, makanan tersebut masih bisa dikonsumsi namun kualitasnya rasa, warna, dan aromanya mungkin berkurang.


2. Kualitas Kemasan

Walaupun belum lewat tanggal kedaluwarsa, kemasan yang sudah robek sebaiknya dibuang. Selain berpotensi mengalami penurunan tekstur, kemasan yang bolong bisa saja sudah dihinggapi serangga pembawa bakteri.

3. Jenis Makanan

Mengkonsumsi makanan lewat tanggal kedaluwarsa sangat tidak disarankan untuk produk-produk seperti susu, keju, daging, sarden atau buah kaleng. Jika produk tersebut tetap dikonsumsi, maka akan bepotensi menyebabkan diare atau keracunan makanan.

4. Kondisi Tubuh Masing-masing

Ada yang perutnya sensitif sehingga tidak bisa mengkonsumsi makanan yang lewat tanggal kedaluwarsa. Namun, ada juga orang yang sehat-sehat saja. Jika Anda memiliki masalah pencernaan, mengkonsumsi produk yang lewat tanggal kedaluwarsa sangat tidak disarankan.

Baca juga: Cara Baca Letak Tanggal Kadaluarsa Tepung Segitiga Biru, Perlu Kamu Perhatikan Supaya Gak Menyesal!

Baca juga: Dimana Letak Tanggal Kadaluarsa Tepung Segitiga Biru? Simak Selengkapnya Disini!

Baca juga: Letak Tanggal Kadaluarsa Minuman You C 1000, Begini Cara Bacanya Lengkap dengan Penjelasannya!

Cara Melihat Tanggal Kadaluarsa Fanta Coca-cola Hingga Sprite

  1. Botol Plastik

Sprite, Fanta, dan Coca-Cola yang menggunakan botol plastik PET merupakan varian yang paling banyak dibeli. Saat ini terdapat beberapa ukuran botol plastik yang ditawarkan yaitu 250ml, 390ml, 1 liter, dan 1,5 liter.

Letak tanggal kadaluarsanya berada di leher botol. Posisinya berada di antara tutup botol dan juga label botol. Kadang ada yang lebih dekat ke tutup botol dan ada juga yang lebih dekat ke label botol.

Ada dua baris teks pada leher botol tersebut. Tanggal kadaluarsanya terdapat di barisan pertama. Tanggalnya ini menggunakan format DD-MM-YY alias dua digit hari, dua digit bulan, dan dua digit tahun.

Misalnya jika di sana tertera 26 02 24, maka artinya minuman tersebut akan kadaluarsa pada tanggal 26 Februari 2024. Nah, jika minuman yang akan kita minum sudah melewati tanggal tersebut, maka minuman tersebut sudah kadaluarsa dan tidak layak minum.

Pada barisan kedua dari teks tersebut terdapat kode produksi. Barisan kedua ini tidak perlu diperhatikan karena ditujukan untuk keperluan internal dari pihak produsen.

Di botol Sprite agak susah terbaca karena menggunakan tinta berwarna putih. Jadi saya harus memiringkannya agar tepat mengenai pantulan cahaya sehingga tanggal kadaluarsanya mudah terbaca. Sedangkan untuk botol Fanta dan Coca Cola, tanggalnya lebih mudah dibaca karena menggunakan tinta berwarna hitam. 

  1. Kemasan Kaleng

Tanggal kadaluarsa pada kemasan kaleng ini terdapat di bagian bawah kalengnya. Tulisannya tersebut lebih mudah dibaca dibandingkan kemasan botol karena menggunakan tinta berwarna hitam dengan latar silver dari warna kalengnya.

Untuk format tanggal kadaluarsanya sendiri masih sama seperti pada kemasan botol plastiknya. Baris pertama merupakan tanggal kadaluarsa dengan format hari - bulan - tahun. Sedangkan untuk baris kedua merupakan kode produksinya.

Saat membeli sebuah produk, sebaiknya kita memperhatikan keterangan yang ada di kemasan terlebih dahulu. Contohnya seperti komposisi, label halal, kandungan gizi, dan yang paling penting adalah expired date. Banyak orang yang tidak memperdulikan expired date pada produk. Padahal, mengetahui expired date sangat penting sebagai jaminan keamanan bagi konsumen.

Nah, jadi itulah update informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini yang membahs mengenai cara melihat tanggal kadaluarsa fanta untukmu! Semoga informasi kali ini bisa membanntu ya! 

Sumber:

UPDATE TERBARU