Sunday 22nd of September 2024

4 Macam Gerakan Tari Rapa'i Geleng, Lambangkan Sikap Keseragaman yang Penuh Kekompakan

×

4 Macam Gerakan Tari Rapa'i Geleng, Lambangkan Sikap Keseragaman yang Penuh Kekompakan

--

Baca juga: Syarat dan Cara Mengetahui Evaluasi Pembelajaran MOOC PPPK, Begini Tutorial Mudahnya!

Baca juga: Cara Mendaftar IKM Tahun 2023 Login Platform Merdeka Mengajar Langsung Saja Klik di Sini


Baca juga: Cara Melakukan Screenshot pada HP POCO Semua Series, Bisa Menangkap Layar Cuma dengan 3 Jari

Keempat tingkatan gerak di atas adalah miniatur karakteristik masyarakat yang mendiami posisi paling ujung pulau Sumatera, berisikan pesan-pesan pola perlawanan terhadap segala bangun-bangun penyerangan pada eksistensi kehidupan agama, politik, sosial dan kebiasaan istiadat mereka.

Pada gerakan lambat, ritme gerakan tarian Rapa'i Geleng tersebut memberi pesan semua aksi yang diambil mesti diawali dengan proses pemikiran yang dewasa, penyamaan persepsi dan kesadaran terhadap persoalan yang akan timbul di depan sebagai dampak dari keputusan yang diambil merupakan sesuatu yang harus dipertimbangkan dengan seksama.

Gerakan beritme cepat menjadi gerak kedua, sesaat pesan yang terkandung dalam gerakan beritme lambat namun sarat makna bubar dituturkan. Pada gerakan ini, pesan yang disampaikan adalah pesan penyikapan ketika perbuatan jahat, yang dimaknakan sebagai ketakberuntungan nasib, kembali diterapkan oleh orang atau institusi yang sama.

Kemudian disusul dengan gerakan tari beritme sangat cepat mengisyaratkan chaos menjadi pilihan dalam pola perlawanan tingkat ketiga. Sebuah perlawanan disaat protes keras tak diambil peduli.

Tetabuhan Rapa'i pada gerakan beritme sangat cepat inipun seakan menjadi tetabuhan perang yang menghentak, menghantam seluruh nadi, membungkus syair menjadi pesan yang mewajibkan perlawanan dalam bangun-bangun apapun ketika harkat dan martabat bangsa terinjak-injak.

Sumber:

UPDATE TERBARU